ANALISIS KESALAHAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL DENGAN PROSEDUR NEWMAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Seto Satoto
Hery Sutarto
Emi Pujiastuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis kesalahan dan penyebabnya pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam menyelesaikan soal materi jarak pada bangun ruang dengan menggunakan prosedur Newman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode wawancara. Subjek penelitian diambil 6 orang dari 33 siswa kelas X-5, masing-masing terdiri atas 2 siswa dari kelompok atas, 2 siswa dari kelompok sedang dan 2 siswa dari kelompok bawah yang selanjutnya dilakukan wawancara terkait kesalahan yang dilakukan pada lembar pekerjaannya. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui bahwa dalam menyelesaikan soal dengan prosedur Newman tidak ada satupun subjek penelitian yang melakukan jenis kesalahan membaca. Jenis kesalahan memahami masalah dilakukan oleh 4 subjek penelitian. Penyebabnya adalah karena ilustrasi yang salah. Jenis kesalahan transformasi tidak ada yang melakukannya. Jenis kesalahan kemampuan memproses dan penulisan jawaban, dilakukan oleh tiga subjek penelitian. Penyebabnya adalah karena salah dalam memanipulasi aljabar dan kurang cermat dalam menulis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Seto Satoto, Semarang State University

Mathematics departement

Hery Sutarto, Semarang State Uniiversity

Mathematics Departement

Emi Pujiastuti, Semarang State University

Mathematics Department
How to Cite
Satoto, S., Sutarto, H., & Pujiastuti, E. (2012). ANALISIS KESALAHAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL DENGAN PROSEDUR NEWMAN. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v1i2.1757

References

Depdiknas. 2007. Permendiknas No 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Krismanto. 2004. Dimensi Tiga Pembelajaran Jarak. Yogyakarta: Depdiknas.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. 2007. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.