KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yuninan Dyah Pitaloka
Bambang Eko Susilo
Mulyono Mulyono

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah peserta didik yang diajar dengan model PMRI hasil belajarnya mencapai ketuntasan belajar, (2) apakah kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model PMRI lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan model ekspositori, dan (3) apakah peserta didik yang diajar dengan menggunakan model PMRI lebih aktif daripada peserta didik yang diajar dengan model ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Ambarawa. Melalui teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIIA sebagai kelas eksperimen menggunakan model PMRI dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol menggunakan model ekspositori. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode dokumentasi, metode tes, dan metode pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peserta didik yang diajar dengan model PMRI hasil belajarnya mencapai ketuntasan belajar, (2) kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model PMRI lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan model ekspositori, dan (3) peserta didik yang diajar dengan menggunakan model PMRI lebih aktif daripada peserta didik yang diajar dengan model ekspositori.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Yuninan Dyah Pitaloka, Semarang State University

Mathematics Department

Bambang Eko Susilo, Semarang State University

Mathematics Department

Mulyono Mulyono, Semarang State University

Mathematics Department
How to Cite
Pitaloka, Y., Susilo, B., & Mulyono, M. (2012). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v1i2.1759

References

Arifin, Z. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Herdian. 2010. Kemampuan Pemahaman Matematik. Online. Tersedia di http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-pemahaman-matematis/ [diakses tanggal 24 Februari 2012].

Marsigit. 2010. Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Pecahan di SMP. Makalah dipresentasikan pada Pelatihan Nasional PMRI untuk Guru SMP, UNY Yugyakarta, 3–5 Juni.

Ramadhan, H. F. 2009. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Online. Tersedia di http://h4mm4d.wordpress.com/2009/02/27/

Shadiq, F. 2007. Apa dan Mengapa Matematika Begitu Penting?. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Shadiq, F. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugandi, A. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES.

Suyitno, A. 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Widdiharto, R. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>