EFEKTIVITAS METODE DRILL BERBANTUAN “SMART MATHEMATICS MODULE” TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mega Ariska
Mohammad Asikin
Riza Arifudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan metode drill berbantuan “Smart Mathematics Module†dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada kemampuan pemecahan masalah dan untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan metode drill berbantuan “Smart Mathematics Module†lebih dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan metode ceramah berbantuan LKS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Teuku Umar Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Sebagai kelas kontrol terpilih kelas XI AP 1 dan sebagai kelas eksperimen kelas XI AP 2. Data diperoleh dengan metode tes dan metode observasi. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji proporsi dan  uji t. Hasil penelitian menyatakan pembelajaran menggunakan metode drill berbantuan “Smart Mathematics Module†mencapai ketuntasan belajar siswa pada kemampuan pemecahan masalah serta rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan metode drill berbantuan “Smart Mathematics Module†lebih dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan metode ceramah berbantuan LKS. Dapat disimpulkan pembelajaran matematika menggunakan metode drill berbantuan “Smart Mathematics Module†efektif karena mencapai ketuntasan belajar pada kemampuan pemecahan masalah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Mega Ariska, Semarang State University

Mathematics departement

Mohammad Asikin, Semarang State University

Mathematics departement

Riza Arifudin, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Ariska, M., Asikin, M., & Arifudin, R. (2013). EFEKTIVITAS METODE DRILL BERBANTUAN “SMART MATHEMATICS MODULE” TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3323

References

Anni, C.T. & Rifa’i, A. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Intosh, R. & Jarret, D. 2000. Teaching Mathematical Problem Solving: Implementing The Vision. Mathematics and Science Education Center.
Karaca & Ceylan. 2006. The Relation Between Daily Problem Solving. MTRJ, 4: 41-66.

Moerdiyanto. 2008. Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

NCTM. 2000. Learning Mathematics for A New Century. 2000 Yearbook NCTM: Reston VA.
Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Santos, M. 2007. Mathematical Problem Solving: An Evolving Research and Practice Domain. ZDM Mathematics Education, 39: 523-536.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian.Bandung: Alfa Beta.

Most read articles by the same author(s)