KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL SAVI BERBANTUAN ALAT PERAGATERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dian Mariya
Zaenuri Zaenuri
Emi Pujiastuti

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran SAVI Berbantuan Alat Peraga dan ekspositori pada siswa kelas VII materi keliling dan luas segitiga dapat mencapai ketuntasan belajar dan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara pembelajaran SAVI Berbantuan Alat Peraga dan ekspositori.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Pemilihan sampel dengan cara random sampling, diperoleh siswa kelas VII D dan VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan data diperoleh dengan metode dokumentasi dan metode tes dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah untuk menentukan hasil belajar siswa yang kemudian dianalisis dengan uji ketuntasan (uji  proporsi pihak kiri) dan uji perbedaan rata-rata (uji pihak kanan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik daripada kelas kontrol.Simpulan yang diperoleh adalah pembelajaran dengan model SAVI berbantuan alat peraga dapat mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik dibanding pembelajaran dengan model ekspositori pada materi keliling dan luas segitiga.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Dian Mariya, Semarang State University

Mathematics departement

Zaenuri Zaenuri, Semarang State University

Mathematics departement

Emi Pujiastuti

Mathematics departement
How to Cite
Mariya, D., Zaenuri, Z., & Pujiastuti, E. (2013). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL SAVI BERBANTUAN ALAT PERAGATERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i2.3337

References

Depdiknas. 2007. Model-model Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Luar Biasa.

Putra, H.D. 2011. Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan Savi Berbantuan Wingeom untuk Meningkatkan Kemampuan Analogi Matematis Siswa Smp. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Bandung : STKIP Siliwangi Bandung.

Indrawati, Y. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Matematika dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) pada Sekolah Menengah Atas Kota Palembang. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya. Vol. 4 No 7.

Meier, Dave. 2003. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif & Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan: Penerjemah, Rahmani Astuti.Bandung: Kaifa.

Saad, N. S. 2008. Teaching Mathematics in Secondary Schools : Theories and Practices. Perak : University Pendidikan Sultan Idris.

Sugiarto. 2009. Bahan Ajar Workshop Pendidikan Matematika 1. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Suyatno. 2009. Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Masmedia Buana Pustaka.