ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH DENGAN TAKSONOMI SOLO

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Miskatun Nuroniah
Rochmad Rochmad
Kritina Wijayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui letak kecenderungan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi pokok lingkaran dengan panduan kriteria Watson, (ii) mengetahui penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi pokok lingkaran, (iii) mengetahui kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP IT Bina Amal Gunungpati. Subjek penelitian sebanyak 6 yang terdiri atas 2 peserta didik dari kelompok atas, menengah, atau bawah yang memiliki kesalahan terbanyak. Hasil penelitian yang dapat dikemukakan adalah (i) kecenderungan kesalahan yang dilakukan peserta didik hampir merata untuk tiap soal yang diberikan, dan kecenderungan kesalahan yang paling menonjol dilakukan yaitu kesalahan data tidak tepat (id), prosedur tidak tepat (ip), dan hierarki keterampilan (shp), (ii) secara umum penyebab kesalahan terjadi karena peserta didik belum memahami konsep materi pokok lingkaran, belum memiliki keterampilan menyelesaikan masalah matematika, serta belum terlihatnya keterampilan manipulasi numerik, (iii) kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Miskatun Nuroniah, Semarang State University

Mathematics departement

Rochmad Rochmad, Semarang State University

Mathematics departement

Kritina Wijayanti, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Nuroniah, M., Rochmad, R., & Wijayanti, K. (2013). ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH DENGAN TAKSONOMI SOLO. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i2.3339

References

Asikin, M. 2002. Pengembangan Item dan Interpretasi Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran Geometri Analit Berpandu pada Taksonomi SOLO. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 36(4). Tersedia di http://.undiksha.ac.id/images/img_item/643.doc [ diakses 21 November 2012].

Asikin, M., Kadaruslan., & E. Soedjoko. 2002. Penerapan Taksonomi SOLO dalam Pengembangan Item Tes dan Interpretasi Respon Mahasiswa pada Perkuliahan Geometri Analit. Laporan Penelitian Proyek Pengkajian dan Penelitian Ilmu Pengetahuan Terapan DP2M Dirjen Dikti. Semarang: LP2M Unnes.

Lipianto, D. & M. T Budiarto. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal yang Berhubungan dengan Persegi dan Persegipanjang Berdasarkan Taksonomi SOLO Plus pada Kelas VIII. Jurnal MatheUnnesa, 1(1). Tersedia di http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1218/baca-artikel [diakses 18-2-2013].
Moleong, L. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, L.F. & J.T. Manoy. 2013. Identifikasi Kemampuan Matematika Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar di Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal MATHedunesa, 2(1): 1-8. Tersedia di http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1211/baca-artikel [diakses 18-2-2013].

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>