KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN PMRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Gilang Anjar Permatasari
Rahayu Budhiati Veronica
Bambang Eko Susilo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan PMRI terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini diawali dengan memilih sampel dari populasi yang ada dengan teknik cluster random sampling. Pada penelitian  ini dipilih secara acak satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII B yang diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Posing dan satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas VII A yang diberikan pembelajaran ekspositori. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil uji proporsi menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada aspek kemampuan berpikir kreatif telah mencapai ketuntasan klasikal, mencapai lebih dari 75 % yaitu sebesar 93,1%. Dilihat dari nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen  adalah 80,39 sedangkan kelas kontrol adalah 73,48 dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas kontrol. Berdasarkan lembar observasi pengamatan keaktifan peserta didik, diperoleh bahwa keaktifan peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada keaktifan peserta didik kelas kontrol.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan PMRI efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik materi segiempat kelas VII SMP Negeri 2 Karanganyar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Gilang Anjar Permatasari, Semarang State University

Mathematics departement

Rahayu Budhiati Veronica, Semarang State University

Mathematics departement

Bambang Eko Susilo, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Permatasari, G., Veronica, R., & Susilo, B. (2013). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN PMRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i2.3343

References

Depdiknas. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Balai Pustaka.

Hadi, Sutarto. 2003. Paradigma baru Pendidikan matematika. Banjarmasin: FKIP Universitas Mangkurat.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.

Suryanto. 2007. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Majalah PMRI Vol. V No. 1 Januari 2007, halaman 8 – 10.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sutisna. 2010. Kelebihan dan Kelemahan Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing. Tersedia di http://sutisna.com/artikel/artikel-kependidikan/kelebihan-dan-kelemahan-pembelajaran-dengan-pendekatan-problem-posing/ [diakses 28 Mei 2013].

Suyitno, A. 2004. Dasar-dasar Proses Pembelajaran Matematika. Semarang: Pendidikan Matematika FMIPA UNNES.