KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN LKPD TERHADAP KREATIVITAS MATEMATIS SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurmalia Beladina
Amin Suyitno
Khusni Khusni

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) berbantuan LKPD terhadap kreativitas matematis siswa kelas VII pada materi segitiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Pemilihan sampel dengan cara cluster random sampling, diperoleh siswa VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan model pembelajaran CORE berbantuan LKPD, sedangkan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran konvensional. Pengambilan data diperoleh dengan metode dokumentasi untuk mendapatkan data awal berupa nilai ulangan tengah semester genap matematika dan metode tes untuk memperoleh kreativitas matematis siswa yang kemudian dianalisis dengan uji ketuntasan dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian adalah (1) kreativitas matematis siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar, baik ketuntasan individual maupun ketuntasan klasikal; dan (2) kreativitas matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Peneliti menyarankan bahwa model pembelajaran CORE berbantuan LKPD dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk menumbuhkembangkan kreativitas matematis siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Nurmalia Beladina, Semarang State University

Mathematics departement

Amin Suyitno, Semarang State University

Mathematics departement

Khusni Khusni, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Beladina, N., Suyitno, A., & Khusni, K. (2013). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN LKPD TERHADAP KREATIVITAS MATEMATIS SISWA. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i3.3363

References

Ali dan Ansori. 2004. Kreativitas, Kebudayaan dan Pengembangan Iptek. Bandung: Alfabeta
Anonim. 2010. Rangking Indonesia pada PISA 2009 dan 10 Terbaik. Diunduh di http://pisaindonesia.wordpress.com/2010/12/17/rangking-indonesia-pada-pisa-2009-dan-10-terbaik/ tanggal 27 Desember 2012

Azizah, L., S. Mariani, dan Rochmad. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model CORE Bernuansa Konstruktivistik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER). 1(2): 101-105

Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 2011. Panduan Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional untuk Perbaikan Mutu Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 2012. Panduan Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional untuk Perbaikan Mutu Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006. Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional

Sugiarto. 2010. Bahan Ajar Workshop Pendidikan Matematika 2. Semarang: Pendidikan Matematika FMIPA Unnes
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Masmedia Buana Pustaka

Widiyanti, N. M. N. 2012. Penerapan Model CORE untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII B di SMP Negeri 1 Sukasada Tahun Ajaran 2011/2012. KARMAPATI. 1(4): 586-597. Diunduh di http://www.pti-undiksha.com/karmapati/vol1no4/15.pdf tanggal 14 Desember 2012

Most read articles by the same author(s)