ANALISIS MATERI, PENYAJIAN, DAN BAHASA BUKU TEKS MATEMATIKA SMA KELAS X DI KABUPATEN REMBANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Halida Eka Nurmutia
Scolastika Mariani
Bambang Eko Susilo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku Matematika Jilid 1 untuk SMA Kelas X karangan Sartono Wirodikromo terbitan Erlangga yang digunakan di Kabupaten Rembang sudah memenuhi standar aspek materi, penyajian, dan bahasa buku teks matematika menurut BSNP serta memuat materi pokok yang memenuhi ketiga aspek standar tersebut. Teknik pengumpulan data dengan angket untuk mengetahui buku matematika yang digunakan kelas X dan dokumentasi menggunakan lembar penilaian buku teks matematika dari Pusat Perbukuan Depdiknas. Penilaian dilakukan oleh tiga orang penilai, yaitu peneliti, guru matematika, dan teman sejawat. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat, kecukupan referensial, uraian rinci, audit kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku yang dianalisis termasuk dalam kriteria baik dengan perolehan persentase skor rata-rata 85,66% pada aspek materi, 66,80% pada aspek penyajian, dan 82,54% pada aspek bahasa. Berdasarkan materi pokok, persentase skor rata-rata buku, yaitu 76,48%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku Matematika Jilid 1 untuk SMA Kelas X yang digunakan di Kabupaten Rembang sudah memenuhi standar aspek materi, penyajian, dan bahasa menurut BSNP serta memuat materi pokok yang memenuhi ketiga standar aspek tersebut.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Halida Eka Nurmutia, Semarang State University

Mathematics departement

Scolastika Mariani, Semarang State University

Mathematics departement

Bambang Eko Susilo, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Nurmutia, H., Mariani, S., & Susilo, B. (2013). ANALISIS MATERI, PENYAJIAN, DAN BAHASA BUKU TEKS MATEMATIKA SMA KELAS X DI KABUPATEN REMBANG. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i3.3365

References

Abdulkarim, A. 2007. Analisis Isi Buku Teks dan Implikasinya dalam Memberdayakan Keterampilan Berfikir Peserta didik SMA. Jurnal Forum Kependidikan, 26(2): 71-80.

Banowati, E. 2007. Buku Teks dalam Pembelajaran di Kota Semarang. Jurnal Geografi, 4(2): 147-158. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/index.php/JG/article/download/106/108 [diakses 9-01-2013].

Farisi, M. I. 2012. Buku Teks Sebagai Psychological Tool Proses Enkulturasi dan Pelestarian Kearifan Lokal. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru IV. Tangerang: Universitas Terbuka.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Pusat Perbukuan. 2005. Pedoman Penilaian Buku Pelajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sitepu, B. P. 2005. Memilih Buku Pelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, 4 (4) : 113-126.

Wirodikromo, S. 2006. Matematika jilid 1 untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Most read articles by the same author(s)