KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mohammad Maftukhin
Dwijanto Dwijanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan CD pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X SMA N 1 Sulang Kabupaten Rembang tahun ajaran 2012/2013 yang tersebar di enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling terpilih kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil uji proporsi diperoleh       maka H1 diterima artinya hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen mencapai ketuntasan klasikal. Hasil uji t perbedaan dua rata-rata diperoleh  >  sehingga H1 diterima yang berarti rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan CD pembelajaran dalam pembelajaran materi jarak dalam benda berdimensi tiga lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan CD pembelajaran efektif dalam penyampaian materi pokok jarak pada dimensi tiga kelas X SMA N 1 Sulang tahun ajaran 2012/2013.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Mohammad Maftukhin, Semarang State University

Mathematics Departement

Dwijanto Dwijanto, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Maftukhin, M., & Dwijanto, D. (2014). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i1.3433

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22.

Ennis, R. H. (2000). A Super-Streamlined Coonception of Critical Thinking. http:// www.criticalthinking.net/ssConcCTApr3.html [diakses 05-01-2013]

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.

Suherman, E., dkk 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-FMIPA.

Most read articles by the same author(s)