IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEA BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI JARAK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Umi Masturoh
Endang Retno Winarti
Muhammad Kharis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil implementasi model pembelajaran MEA berbantuan Cabri 3D. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Jatilawang sedangkan sampel dalam penelitian ini dipilih secara random sampling dan terpilih dua kelompok sampel yaitu 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 34 siswa sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi jarak dengan pembelajaran MEA berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan model pembelajaran DI, hasil belajar siswa dengan kemampuan penguasaan materi prasyarat tinggi lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan kemampuan penguasaan materi prasyarat sedang dan rendah, dan hasil belajar siswa dengan pembelajaran MEA berbantuan Cabri 3D dengan kemampuan penguasaan materi prasyarat tinggi bukan yang terbaik di antara siswa yang lain tetapi memiliki rataan yang paling tinggi. Saran yang dapat direkomendasikan adalah pembelajaran MEA berbantuan Cabri 3D dapat diterapkan pada pembelajaran materi jarak sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Umi Masturoh, Semarang State University

Mathematics Departement

Endang Retno Winarti, Semarang State University

Mathematics Departement

Muhammad Kharis, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Masturoh, U., Winarti, E., & Kharis, M. (2014). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEA BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI JARAK. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i1.3435

References

Accascina, G. dan Enrico R. 2006. Using Cabri 3D Diagrams For Teaching Geometry. International Journal for Technology in Mathematics Education.1 (13).

Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Nasional.2012. Laporan Hasil dan Statistik Nilai Hasil Ujian Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Bouma, G. D. 1993. The Research Process. New York: Oxford University Press.

BSNP.2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Güven, B. dan Kosa T. 2008. The Effect of Dynamic Geometry Software on Student Mathematics Teacher’s Spatial Viusalization Skills. The Turkish Online Journal of Educational Technology. 1 (4.11):3.

Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
_________. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rifa’i, R.C.A dan Anni, C.T.. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Sophie dan de Cotret P. R. 2007.Cabri 3D V2.1 User Manual. Canada: Cabrilog.

Suherman, E. 2007. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi pada Kemampuan Siswa. Jurnal Educare Pendidikan dan Budaya. 1.

Suherman, Turmudi, Suryadi, Herman, Suhendra, Prabawanto, Nurjanah, dan Rohayati. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica-IMSTEP Universitas Pendidikan Indonesia.Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.
Sweller, J. 1988. Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning. South Wales: University of New South Wales.

Most read articles by the same author(s)