KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TTW DAN SGW BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arina Dwi Nur Afriyani
Moch Chotim
Isti Hidayah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) dan strategi Small-Group Work (SGW) berbantuan kartu soal terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi dimensi tiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sebagai sampel diambil dua kelas eksperimen, kelas eksperimen I menggunakan strategi TTW sedangkan kelas eksperimen II menggunakan strategi SGW berbantuan kartu soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi dimensi tiga; (2) model pembelajaran kooperatif dengan strategi SGW berbantuan kartu soal efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi dimensi tiga; dan (3) rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada materi dimensi tiga dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW lebih baik dibanding pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan strategi SGW berbantuan kartu soal. Simpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW dan SGW berbantuan kartu soal efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi dimensi tiga.

 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Arina Dwi Nur Afriyani, Semarang State University

Mathematics Departement

Moch Chotim, Semarang State University

Mathematics Departement

Isti Hidayah, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Nur Afriyani, A., Chotim, M., & Hidayah, I. (2014). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TTW DAN SGW BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i1.3436

References

Andriyani, Dwi. 2011. Penelitian Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Think-Talk-Write (TTW) berbantuan Handout Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Anonim. Small-Group Work. USA: Universitas Of Dalware Center for Teaching & Assesment of Learning. Tersedia di http://cte.udel.edu/publications/handbook-graduate-assistants/small-group-work.html [diakses tanggal 15 Februari 2013].

Chotim, M. 2009. Model Pembinaan Olimpiade Matematika SD/MI suatu Implementasi Pendekatan Konstruktifis dan pemodelan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika V Matematika dan Pendidikan Matematika serta Pengembangan dan Aplikasinya. Semarang: Jurusan Matematika Universitas Negeri Semarang.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Hadi, Syaiful. 2012. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model Think-Talk-Write (TTW) di Kelas VII SMP Negeri 1 Manyar Gresik. Journal EDUMAT edisi kedua (Volume 1, Nomor 2) 28-35 tersedia di http://p4tkmatematika.org/file/PRODUK/JURNAL/jurnal%20 volume%201%20no%202.pdf [diakses pada tanggal 12 Januari 2013].

Kartikasari, Oktafiana. 2010. Eksperimentasi Pendekatan Small Group Work dan Think Talk Write dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Pemahaman Konsep. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Soedjadi. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: DEPDIKBUD.

Sugandi, Asep Ikin. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema “ Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran” pada tanggal 3 Desember 2011 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Tersedia di http://eprints.uny.ac.id/7362/1/p-6.pdf [ diakses pada tanggal 17 juni 2013]

Tisngati, Urip dan Maryono. 2011. Eksperimentasi Strategi Pembelajaran TTW dan TPS di SMP N Pacitan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 3, Nomor 2, Desember 2011. Tersedia di http://ejournal.stkippacitan.ac.id/ index.php/JPP/article/download/86/24 [diakses pada tanggal 18 Juni 2013]

Turmudi. 2010. Titik, Garis, dan Sudut. Makalah disampaikan dalam Pelatihan Guru-Guru Matematika di Manokwari Papua Barat. Tersedia di http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/196101121987031-TURMUDI/F23-Manokwari-3.pdf [diakses pada tanggal 21 Januari 2013].

Yamin, Martinis dan Bansu I. Antasari. 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Yuanari, Novita. 2011. Penerapan Strategi TTW sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 5 Kulonprogo. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Most read articles by the same author(s)