KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TAPPS BERBANTUAN FACEBOOK LEARNING DAN CABRI PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhamaad Faisal Abduh
Kartono Kartono
Hery Sutarto

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelas dengan pembelajaran model TAPPS berbantuan Facebook Learning dan Cabri serta dengan model TAPPS berbantuan Cabri mencapai ketuntasan, dan mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa pembelajaran model TAPPS berbantuan Facebook Learning dan Cabri lebih baik dari model TAPPS berbantuan Cabri dan model ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013. Secara acak terpilih sampel kelas XI RPL 1 dengan pembelajaran model TAPPS berbantuan Facebook Learning dan Cabri, kelas XI TP dengan model TAPPS berbantuan Cabri dan kelas XI TKR 3 dengan model ekspositori. Dari hasil uji ketuntasan belajar diperoleh kelas dengan pembelajaran model TAPPS berbantuan Facebook Learning dan Cabri serta dengan model TAPPS berbantuan Cabri telah mencapai ketuntasan. Dari hasil uji Anova satu jalur diperoleh rata-rata ketiga kelas sampel berbeda signifikan dan hasil uji lanjut LSD menunjukkan rata-rata kelas dengan model TAPPS berbantuan Facebook Learning dan Cabri lebih baik daripada model TAPPS berbantuan Cabri dan model ekspositori. Simpulan yang diperoleh adalah kelas dengan model TAPPS berbantuan Facebook Learning dan Cabri serta dengan model TAPPS berbantuan Cabri telah mencapai ketuntasan untuk kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran model TAPPS berbantuan Facebook Learning dan Cabri lebih baik dari model TAPPS berbantuan Cabri dan model ekspositori.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Muhamaad Faisal Abduh, Semarang State University

Mathematics Departement

Kartono Kartono, Semarang State University

Mathematics Departemen

Hery Sutarto, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Abduh, M., Kartono, K., & Sutarto, H. (2014). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TAPPS BERBANTUAN FACEBOOK LEARNING DAN CABRI PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i1.3437

References

Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Nasional. 2010-2012. Laporan Hasil dan Statistik Nilai Hasil Ujian Nasional. Jakarta: Depdiknas.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

NCTM. 2000. Principals and Standars for School Mathematics. National Council Teacher of Mathematics. Reston:VA.
Ruseffendi, E.T. 2001. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Non-Eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sophie dan de Cotret, P. R. 2007. Cabri 3D V2.1 User Manual. Canada: Cabrilog.

Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-IMSTEP Universitas Pendidikan Indonesia.

Yahya, M. 2011. Pemanfaatan Jaringan Facebook sebagai Media Pembelajaran, (Online), (http://www.slideshare.net/yahya73/journalfacebook2kolom diakses 12 Desember 2012).

Most read articles by the same author(s)