KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER MODEL TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yan Amal Abdilah
Sugiarto Sugiarto
Hery Sutarto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik menggunakan Pembelajaran Berbantuan Komputer Model Tutorial dengan media Visual Novel dapat mencapai KKM dan hasil belajaar matematika peserta didik yang menggunakan Pembelajaran Berbantuan Komputer Model Tutorial dengan media Visual Novel lebih baik dibandingkan yang menggunakan Direct Instruction. Populasi dalam penelitian adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling. Peserta didik kelas VII-A terpilih sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas VII-C sebagai kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental. Data diperoleh dengan metode tes dan data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik menggunakan Pembelajaran Berbantuan Komputer Model Tutorial dengan media Visual Novel dapat mencapai KKM dan hasil belajaar matematika peserta didik menggunakan Pembelajaran Berbantuan Komputer Model Tutorial dengan media Visual Novel lebih baik dibandingkan yang menggunakan Direct Instruction. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan Pembelajaran Berbantuan Komputer Model Tutorial dengan media Visual Novel efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Yan Amal Abdilah, Semarang State University

Mathematics departement

Sugiarto Sugiarto, Semarang State University

Mathematics departement

Hery Sutarto, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Abdilah, Y., Sugiarto, S., & Sutarto, H. (2013). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER MODEL TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i3.3448

References

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hawa, Siti. 2007. Teori Bruner & Penerapannya dalam Pemb. Mat_Unit_1. Semarang:UNNES.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Diknas.

--------------. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Purwoko. 2007. Teori Van Hiele & Penerapannya dalam Pemb. Mat_Unit_1. Semarang:UNNES.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Press.

Sugandi, A. & Haryanto. 2005. Teori Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Wikipedia. Visual Novel. Tersedia:http://en.wikipedia.org/wiki/Visual_novel. Ditelusuri tanggal [20 Februari 2013].

Most read articles by the same author(s)