KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DISERTAI PERMAINAN MAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MATERI LOGARITMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rhomanus Anggara Tri Laksana

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pembelajaran STAD disertai permainan make a match (MAM) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X materi logaritma. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pangudi Luhur Tarcisius 1 Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Pemilihan sampel dengan menggunakan random sampling, diperoleh siswa kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran STAD disertai permainan MAM, dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran ekspositori. Data diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi untuk data ulangan harian 1 matematika, dan dengan metode tes untuk data kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian adalah (1) jumlah siswa yang mencapai KKM lebih dari 75%, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol, (3) rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen secara klasikal termasuk baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Rhomanus Anggara Tri Laksana, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Laksana, R. (2014). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DISERTAI PERMAINAN MAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MATERI LOGARITMA. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i2.4475

References

Ahmad, Z. & N. Mahmood. 2010. Effects of Cooperative Learning vs Traditional Instruction on Prospective Teacher’s Learning Experience and Achievement. Journal of Faculty of Educational Sciences 43(1).
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
BSNP. 2006. Standar Isi 2006 Mata Pelajaran Matematika. Jakarta
Fauziah, A. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Melalui Strategi REACT. Jurnal Forum Kependidikan 30(1).
Hamzah. 2001. Pembelajaran Matematika Menurut Teori Pembelajaran Konstruktivisme. Tersedia di www.depdiknas.go.id [diakses 10-05-2013]
Hardini, I. & D. Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media).
Khan, G.N. & H.M. Inamullah. 2011. Effects of Student’s Team Achievement Division (STAD) on Academic Achievement of Students. Asian Social Science Journal 7(12).
Muchlis, E.E. 2012. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta X(2).
Ruseffendi & A. Sanusi. 2001. Dasar-dasar Penelitian dan Non-Eksata Lainnya. Semarang: Unnes Press.
Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Presindo.
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Suherman, E. & U. Winataputra 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Susanto, A. 2012. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.