PBM BERORIENTASI PISA BERPENDEKATAN PMRI BERMEDIA LKPD MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Chandra Septian Budiono
Wardono Wardono

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan literasi matematika PISA peserta didik setelah diterapkan pembelajaran berbasis masalah berorientasi PISA dengan pendekatan PMRI dan berbantu media LKPD. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Ungaran tahun ajaran 2013/2014. Dan dipilih kelas VIII G dan H untuk dijadikan kelas kontrol dan eksperimen. Dari hasil analisa data nilai post-test terlihat terjadi peningkatan untuk kedua keduanya yaitu, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan PMRI berbantu media LKPD mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari kelas kontrol dan juga terjadi peningkatan dari nilai pre-test ke post-test. Peningkatan yang paling besar terjadi ada pada kelas eksperimen dimana terjadi peningkatan dari rata-rata 46.04 menjadi 62.96, sedangkan kenaikan yang terjadi pada kelas kontrol adalah dari rata-rata 49.72 menjadi 55.40. Rata-rata kelas eksperimen memlampai ketuntasan individu sebesar 58 dan memenuhi ketuntasan klasikal sebesar 65%. Hasil observasi menunjukan pembelajaran yang terjadi berkualitas baik sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Jadi, dari hasil yang didapatkan, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran berbasis masalah berorientasi PISA dengan pendekatan PMRI dan bermedia LKPD berhasil meningkatkan literasi matematika peserta didik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Chandra Septian Budiono, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Budiono, C., & Wardono, W. (2014). PBM BERORIENTASI PISA BERPENDEKATAN PMRI BERMEDIA LKPD MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i3.4487

References

Arikunto S, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarata : PT Rineka Cipta.
--------, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
BSNP. 2006.Standar Isi: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs, Jakarta: BSNP.
Depdiknas. 2007. Standar Proses. Jakarta: Permendiknas no. 47 Tahun 2007. Diklat KTSP SMA. 2009. Tentang Penulisan dan Analisis Butir Soal.
Dahar, R. W. 1996. Teori-teori Belajar. Jakarta: PPLPTK Dirjen Dikti, Depdikbud.
Leader,G. et al. 1995. Learning Mathematics in Context, (Ed) In J. Wakefield & L. Velardi Melbourne: The Mathematical Association of Victoria.
OECD. 2003. PISA 2003 Assessment Framework. http://www.oecd.org (16 Oktober 2012).
--------. 2009a. Learning Mathematics for live: A View Persfective from PISA.: http://www.oecd.org. (16 Oktober 2012).
--------. 2009b. Take the Test: Sample Questions from OECD's PISA Assessment.: http://www.oecd.org (16 Oktober 2012).
--------. 2009c. PISA 2009 Assessment Framework. http://www.oecd.org. (16 Oktober 2012).
Sari, Ninda Fajariyantika. 2013. Tesis dengan Judul: Analisis Kesesuaian Soal Ujian Nasional matematika SMP mengacu pada penilaian Programme for International Assessment (PISA). Semarang. Program Pasca Sarjana Prodi Maematika UNNES.
Sudjana. 1999. Metoda Statistika. Bandung: Alfa Beta.
Stacey, K. 2010a. The View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), July 2011, Vol. 2: 1-24.
--------, K. 2010b. Mathematical and Scientific Literacy Around The World. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia 2012, Vol. 33 No.1:1-16.
Yunengsih, Y., Widiatmika, & Candrasari. 2008. Ujian Nasional: Dapatkah Menjadi Tolak Ukur Standar Nasional Pendidikan (Hasil Kajian Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama). Jakarta: Sampoerna Foundation.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>