IMPLEMENTASI GROUP INVESTIGATION DENGAN SCIENTIFIC APPROACH BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Desy Rahmawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat pencapaian  berpikir kritis siswa melalui penggunaan model Group Investigation dengan Scientific Approach berbasis portofolio. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pati. Melalui teknik Cluster Random Sampling, diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran Group Investigation dengan Scientific Approach berbasis portofolio dan variabel yang terkait adalah kemampuan berpikir kritis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan:(1) Uji t pihak kanan, untuk menguji tingkat ketuntasan individual; (2) Uji z, untuk menguji tingkat ketuntasan klasikal; dan (3) Uji t perbedaan rata-rata, untuk menguji perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal; dan (2) kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Desy Rahmawati, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Rahmawati, D. (2014). IMPLEMENTASI GROUP INVESTIGATION DENGAN SCIENTIFIC APPROACH BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i3.4488

References

Arikunto S, 2006. Prosedur Penelitian Suatu BNSP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.
Ennis, R. H. 1985. Critical Thinking Dispotition: Their Nature and Assessability. Informal Logic.
Habsari, Evi Latif. 2010. Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP N 9 Salatiga dalam Materi Segitiga. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES.
Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press, Inc.
Kemendiknas. 2012. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendiknas.
Mulyasa,H.E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Perkins, C., & Murphy, E. (2006). Identifying and measuring individual engagement in critical thinking in online discussions: An exploratory case study. Educational Technology & Society, 9 (1), 298-307.
Rifa’i, A & C.T Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT Unnes Press.
Rusilowati, Anni dkk. 2013. Pedoman Penilaian Berbasis Portofolio. Semarang: FMIPA Unnes.
Slavin, Robert E. 2008. Cooperatif Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Siti Nur Rohmah.2013.Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendejatan PBL yang Dipadukan Pelatihan Metakognitif dengan Seting Group Investigation terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VII. Skripsi.Yogyakarta: FST UIN.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suyitno, A. 2004. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Widodo, A. 2006. Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Buletin Puspendik. 3(2), 18-29.