KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CIRC DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS-VIII MATERI KUBUS-BALOK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Novita Wulandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII materi kubus dan balok.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Semarang tahun pelajaran 2013/2014.  Pemilihan sampel dengan cara cluster random sampling, diperoleh siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol.  Pada kelas eksperimen diberikan model pembelajaran CIRC dengan pendekatan open-ended dan pada kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan model direct instruction.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan lembar pengamatan aktivitas siswa.  Data dianalisis dengan uji proporsi, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji regresi.  Hasil penelitian adalah (1) kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen mencapai kriteria ketuntasan minimum; (2) kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (3) terdapat pengaruh positif aktivitas siswa kelas eksperimen terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Novita Wulandari, Semarang State Univeristy

Mathematics Departement
How to Cite
Wulandari, N. (2014). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CIRC DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS-VIII MATERI KUBUS-BALOK. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i3.4489

References

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2012. Panduan Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012 untuk Perbaikan Mutu Pendidikan. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Craft, A. 2001. An Analysis of Research and Literature On Creativity in Education. London: Roudledge.
Gurria, A. 2013. PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. Turkey: OECD.
Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.
Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006. Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.
Suherman, E. et al. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Edisi Revisi). Bandung: JICA-FPMIPA UPI.
Sutarno, H., dkk. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Coopeartive Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK), 3(1): 1-5. Tersedia di http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_TIK/Jurnal_Pend_TIK_Vol_3_No_1/PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_COOPERATIVE_INTEGRATED_READING_AND_COMPOSITION_%28CIRC%29_BERBASIS_KOMPUTER_UNTUK_MENINGKATKAN_HASIL_BELAJAR_SISWA_PADA_PEMBELAJARAN_TIK.pdf [diakses 09-03-2014]
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Suyitno, A. 2005. Mengadopsi Pembelajaran Cooperative Learning Tipe CIRC (Cooperaive Integrated Reading and Composition) dalam Meningkatkan Ketrampilan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita. Makalah Seminar Nasional UNNES. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.