PEMBELAJARAN DSCI DENGAN ASESMEN POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MATERI LINGKARAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Laylya Afryany
Masrukan Masrukan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui ketuntasan belajar kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran DSCI dengan asesmen Polya; (2) menguji perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran DSCI dengan asesmen Polya, DSCI saja, dan ekspositori; (3) mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa yang terbaik; (4) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran DSCI dengan asesmen Polya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 18 Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Menggunakan teknik simple random sampling, terpilih siswa kelas VIII C (kelompok eksperimen 1), siswa kelas VIII A (kelompok eksperimen 2), dan siswa kelas VIII G (kelompok kontrol). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji proporsi, anava satu jalur, uji LSD, dan uji Gain Ternormalisasi.Simpulan yang diperoleh adalah: (1) siswa yang dikenai pembelajaran DSCI asesmen Polya mencapai ketuntasan; (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran DSCI asesmen Polya, melalui pembelajaran DSCI, dan melalui pembelajaran ekspositori; (3) kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran DSCI dengan asesmen Polya terbaik dibandingkan dengan yang lainnya; (4) ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran DSCI dengan asesmen Polya sebesar 0,6 (sedang).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Afryany, L., & Masrukan, M. (2015). PEMBELAJARAN DSCI DENGAN ASESMEN POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MATERI LINGKARAN. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i1.7439

References

Anthony, G. & Walshaw, M. 2009. Characteristic of Effective Teaching of Mathematic. Journal of Mathematic Education, Vol.2, pp.147164.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Foy, P.dkk. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics. Boston: TIMSS&PIRLS International Study Center.

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS.

Kartono. 2010. Hands-on Activity Pada Pembelajaran Geometri Sekolah sebagai Asessmen Kinerja Peserta Didik. Jurnal Kreano Vol.1 No.1 Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/219/228.

Subagyo, P. & Djarwanto. 2006. Statistik Induktif. Yogyakarta: BPFE.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.