KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI TTW BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII MATERI SEGITIGA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Gias Atikasari
Ary Woro Kurniasih

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think-Talk-Write berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII materi segitiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Kendal tahun pelajaran 2013/ 2014. Pemilihan sampel menggunakan metode cluster random sampling, diperoleh siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Pada kelas eskperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) berbantuan GeoGebra, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran ekspositori. Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi untuk mendapatkan data nilai ulangan tengah semester genap tahun pelajaran 2013/ 2014 mata pelajaran matematika dan metode tes untuk mendapatkan data nilai berpikir kreatif siswa yang kemudian dianalisis dengan uji ketuntasan dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian adalah (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW berbantuan GeoGebra dapat mencapai ketuntasan belajar; dan (2) rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW berbantuan GeoGebra lebih baik daripada rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada kelas kontrol. Dengan melihat hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII pada materi segitiga efektif. Disarankan agar model pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW berbantuan GeoGebra dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Atikasari, G., & Kurniasih, A. (2015). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI TTW BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII MATERI SEGITIGA. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i1.7447

References

Budhiawan. 2012. Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Kanisius Pakem pada Pokok Bahasan Segitiga dengan Memanfaatkan Program Geogebra dalam Proses Pembelajaran Remedial. Dalam: ProsidingSeminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 2-6-2012.

Budiman. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Cabri 3d. Online.Tersedia di http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdfprosiding2/fmipa201141.pdf [diakses 27-1-2014]

Fazio, X. 2009. Supporting Students’ Writing in Elementary Science: Tools to Facilitate Revision of Inquiry-Based Composition.Ontario: Brock University.

Hidayat, W. 2012. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik sisiwa SMA melalui pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write (TTW). Dalam : Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. UNY. Yoyakarta, 2-6-2012.

Mann, E. L. 2005. Mathematical Creativity and School Mathematics: Indicators of Mathematical Creativity in Middle School Students. Dissertation of Doctor ofPhilosophy, University of Connecticut. http://www.gifted.uconn.edu/siegle/Dissertation/EricMann.pdf. (diunduh pada tanggal 26 Desember 2013).

Munandar. 1999. Kretivitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

OECD. 2012. PISA 2012 Result in Focus. [Online].Tersedia di http://oecd.org/pisa [diakses 12 Desember 2013].

Rifa’i, A & Catharina T. A. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Stacey. 2011. The PISA of Mathematical Literacy in Indonesia. Ausralia: University of Melbourne.

Sugandi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Osborn Untuk Meningkatkan Literasi Dan Disposisi Matematis Siswa SMP (Studi Eksperimen pada Siswa SMP di Kota Cimahi). Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suriyadi. 2013. Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Metode Diskusi Kelompok Kecil. Skripsi. Pontianak. Universitas Tanjungpura.

Suryobintoro. 2013. Pemanfaatan Program GeoGebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Pada Pokok Bahasan Segitiga Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa Kelas VII. Dalam : Prosiding Seminar Nasional Sain dan Pendidikan Sains VII.UNSW.Salatiga, 15-6-2013.Hlm 195-205.

Syamsuduha. 2011. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. Online.Tersedia di http://eprints.uny.ac.id/935/ [diakses pada tanggal 5-1-2014]

Yamin & Ansari. 2012.Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa.Jakarta: Referensi (GP Press Group).