STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TRADITIONAL FLIPPED DENGAN PEER INSTRUCTION FLIPPED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ervan Nur Adhitiya
Ardhi Prabowo
Riza Arifudin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII dengan pembelajaran Traditional Flipped dan Peer Instruction Flipped dapat mencapai KKM secara klasikal dan mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII dengan pembelajaran Peer Instruction Flipped lebih baik daripada pembelajaran Traditional Flipped pada materi keliling dan luas lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran tahun ajaran 2014/ 2015. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen 2. Metode pengumpulan data meliputi metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi, dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada kedua kelas eksperimen mencapai ketuntasan klasikal dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Peer Instruction Flipped lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Traditional Flipped. Disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model Traditional Flipped dan Peer Instruction Flipped mencapai ketuntasan klasikal dan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model Peer Instruction Flipped lebih baik daripada Traditional Flipped.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Adhitiya, E., Prabowo, A., & Arifudin, R. (2015). STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TRADITIONAL FLIPPED DENGAN PEER INSTRUCTION FLIPPED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7451

References

Aliyah, U. H., H. Suyitno, & A. Agoestanto. 2013. Keefektifan Resource Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Lingkaran. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(3): 8-15. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/3314 [diakses 2 Mei 2015].

Bergman, J., A. Sams. 2012. Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. United States: The International Society for Technology in Education (ISTE).

Brame, C. J. 2013. Flipping the Classroom. Nashville: Vanderbilt University. Tersedia di http://cft.vanderbilt.edu/files/Flipping-the-classroom.pdf [diakses 6-12-2014].

Forster, M. 2004. High Order Thinking Skills. Research Developments, 11(1): 1-6. Tersedia di http://research.acer.edu.au/resdev/vol11/iss11/1/ [diakses 6 Desember 2014].

Heereid, C.F. & N. A. Schiller. 2013. Case Studies and the Flipped Classroom. Journal of College Science Teaching, 42(5): 62-66. Tersedia http://www.nsta.org/publications/browse_journals.aspx?action=issue&id=5091 [diakses 7 April 2015].

Knewton. 2011. Flipped Classroom: A New Method of Teaching is Turning The Traditional Classroom on Its Head. New York: Knewton. Tersedia di http://www.knewton.com/flipped-classroom/ [diakses 7 April 2015].

Kurniasari, F. D. & A. Qodar. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer Pada Materi Ruang Dimensi Tigas untuk Siswa Kelas X SMA Bilingual. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang, 1(3): 1-10. Tersedia di http://jurnal-online.um.ac.id/article/do/detail-article/1/31/985 diakses [7 April 2015].

Post, J. L., B. Deal, & M. Hermanns. 2014. Implementation of a Flipped Classroom: Nursing Student's Perspectives. Journal of Nursing Education and Practice, 5(6): 25-30. Tersedia di http://www.sciedupress.com/journal/index.php/jnep/article/view/5923 [diakses 7 April 2015].

Ryan, B. 2013. Flipping Over: Student-Centered Learning and Assessment. Journal of Perspective in Applied Academic Pratice, 1(2): 30-39. Tersedia di http://jpaap.napier.ac.uk/index.php/JPAAP/article/view/64 [diakses 7 April 2015].

Steele, K. M. 2013. The Flipped Classroom: Cutting-Edge, Practical stategies to Successfully "Flip" Your Classroom. Online. Tersedia di http://www.kevinmsteele.com/ the_flipped_classroom_-_ice.pdf [diakses 1Mei 2014].

Utari, R. 2013. Taksonomi Bloom: Apa dan bagaimana Menggunakannya. Jakarta: Pusdiklat KNPK. Tersedia di http://www.bppk.depkeu.go.id/webpkn/attachments/766_1-Taksonomi%20Bloom%20-%20Retno-ok-mima.pdf [diakses 4 Desember 2014].