IMPLEMENTASI MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Solekah Candra Dewi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat perbedaan rata-rata literasi matematika siswa kelas VII SMP N 19 Semarang yang diberi model pembelajaran PBL dengan pendekatan realistik berbantuan edmodo, PBL dengan pendekatan realistik, dan ekspositori; untuk mengetahui bahwa literasi matematika yang mendapat model pembelajaran PBL pendekatan realistik berbantuan edmodo meningkat; untuk mengetahui bahwa kualitas model pembelajaran PBL dengan pendekatan realistik berbatuan edmodo memiliki kategori baik; untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam mengerjakan soal berorientasi PISA. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling terpilih tiga kelas sampel yaitu kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan realistik berbantuan edmodo, eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan realistik, dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata literasi matematika siswa pada kelompok model PBL dengan pendekatan realistik berbantuan edmodo lebih baik daripada rata-rata literasi matematika siswa pada kelompok model PBL dengan pendekatan realistik dan kelompok ekspositori; kualitas pembelajaran menggunakan model PBL dengan pendekatan realistik berbantuan edmodo yang dilaksanakan memiliki kategori sangat baik; kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal bertipe PISA yang berkaitan dengan konsep dan prinsip.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dewi, S. (2015). IMPLEMENTASI MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7599

References

Akınoglu, Orhan,Ruhan Özkardes Tandogan.2007. The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, , 3(1), 71-81.

Arends, R. I. 2007. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar (7th ed). Translated by Soetjipto, H. P & S. M.
Soetjipto. 2008. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Budiono, C.S. 2014. PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Unnes Journal of Mathematics Education. ISSN 2252-6927.

Cooney,T.J.,Davis,E.V.&,Henderson,K.B. (1975). Dinamics of Teaching Secondary School Mathematics. Boston: Houghton Company.

Depdiknas. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Depdiknas.

Nalole, M. 2008. Pembelajaran Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Realistik Di Kelas V Sekolah Dasar. Inovasi. Volume 5, Nomor 3, September 2008 ISSN 1693-9034.
OECD. 2010. Draft PISA 2012 Assessment Framework diunduh dari http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46241909.pdf pada tanggal 6 Desember 2014

Pange, J. dan Dogoriti. 2014. Instructional Design For A "Social" Classroom: Edmodo And Twitter In The Foreign Language Classroom. Proceedings. ICICTE 2014.

Patahuddin, S. M. 2012. Joyful and Meaningful Learning In Mthematics Classroom Through Internet Activities. International Symposium on Math Education Innovation, pp. 1-13.