KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STRATEGI REACT DENGAN MODEL SSCS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Argiyanto Dwi Sapto
Hardi Suyitno
Bambang Eko Susilo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah (1) kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan strategi REACT dengan model SSCS dapat mencapai ketuntasan belajar, (2) kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen yang menggunakan strategi REACT dengan model SSCS lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematika siswa kelas kontrol yang menggunakan model ekspositori, (3) percaya diri siswa kelas eksperimen yang menggunakan strategi REACT dengan model SSCS lebih baik daripada percaya diri siswa kelas kontrol yang menggunakan model ekspositori, dan (4) percaya diri siswa berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Batang. Dengan teknik cluster random sampling terpilih sampel yaitu siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar; (2) kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen yang menggunakan strategi REACT dengan model SSCS lebih baik daripada siswa kelas kontrol yang menggunakan model ekspositori; (3) percaya diri siswa kelas eksperimen yang menggunakan strategi REACT dengan model SSCS lebih baik daripada siswa kelas kontrol yang menggunakan model ekspositori; dan (4) percaya diri siswa berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematika.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Argiyanto Dwi Sapto, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Study Program

Hardi Suyitno, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Study Program

Bambang Eko Susilo, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Study Program
How to Cite
Sapto, A., Suyitno, H., & Susilo, B. (2015). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STRATEGI REACT DENGAN MODEL SSCS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9049

References

Arifin, A. T., Kartono, & dan Sutarto, H. 2014. Keefektifan Strategi Pembelajaran React Pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. Jurnal Kreano. Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Volume 5 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2014.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Brenner, E. M. 1998. Development of Mathematical Communication in Problem Solving Groups by Language Minority Students. Bilingual Research Journal, 22:2, 3, & 4 Spring, Summer,&Fall.
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
CORD. 2012. The REACT Strategy. [online] tersedia di http://www.cord.org/the-react-learning-strategy/ [diakses: 24-03-2015]
Crawford, M.L. 2001. Teaching Contextually Research, Rationale, and Techniques forImproving Student Motivation and Achievement in Mathematics and Science. Texas: CCI Publishing.
Lorinda, L., Kusni., & dan Susilo, B.E. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran SAVI Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Semarang: UNNES Jurnal Of Mathematics [online] tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/download/3321/306 [diakses: 5-06-2015]
Pizzini, Edward.L et al. 1988. Rethinking Thinking In the Science Classroom. The Science Teacher: 22-25. Online. Tersedia di http:// acadiau. ca. pdf [diakses 24-03-2015].
Rahmawati, J., Hidayah, I., & dan Darmo. 2013. Keefektifan Experiential Learning Dengan Strategi REACT. Semarang: UNNES Jurnal Of Mathematics. [online] tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/3445/3120 [diakses: 5-06-2015]
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Triyadi. 2011. Pengaruh Bimbingan Pribadi Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP 1 Kandangserang Pekalongan Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Semarang: IKIP Semarang
NCTM. 2000.Principles and Standards for School Mathematics. Reston :The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>