KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dian Insani Abdullah
Zaenuri Mastur
Hery Sutarto

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran PBL bernuansa etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pada kelas VIII SMP N 1 Demak tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Analisis data menggunakan menggunakan uji One Sample T Test, uji proporsi, uji Independent Samples T Test dan uji regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran model PBL bernuansa etnomatematika mencapai KKM, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran model PBL mencapai KKM (3) kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran model PBL bernuansa etnomatematika lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan  masalah siswa dengan model PBL, (4) terdapat perbedaan sikap terhadap budaya lokal antara sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran model PBL bernuansa etnomatematika dan (5) aktivitas belajar siswa dan sikap terhadap budaya lokal siswa berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran PBL bernuansa etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Dian Insani Abdullah, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Study Program

Zaenuri Mastur, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Study Program

Hery Sutarto, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Study Program
How to Cite
Abdullah, D., Mastur, Z., & Sutarto, H. (2015). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9056

References

Arisetyawan, A. 2014. Study of Ethnomathematics : A Lesson From The Baduy Culture. UPI Bandung. Internasional Journal and Research Vol. 2 No. 10 Oktober 2014.
Faroh, N. et. al. 2014. Model Missouri Mathematics Project Terpadu dengan TIK untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. Universitas Negeri Semarang. Unnes Journal of Mathematics Research 3 (2) 2014.
Khoiri, W. et.al. 2013. Problem Based Learning Berbantuan Multimedia dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Universitas Negeri Semarang. Unnes Journal of Mathematics Education 2 (1) 2013.
Muchayat. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Strategi IDEAL Problem Solving Bermuatan Pendidikan Karakter. Jurnal PP Vol. 1 No. 2 Desember 2011.
Muzaki, F. I.. 2010. Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematika Di Dalam Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Pokok Perbandingan Kelas VII Di SMP Muhammadiyah I kota Tegal Tahun Ajaran 2009/2010.Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Robert, G.W. 2013. Appreciative Inquiry – A Dimension in Problem Based Learning. The International HETL Review, Special Issue. UK: Cardiff University.
Sirate, F. S. 2012. Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan: Vol. 15, No. 1 2012.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.
Widiyanti, T.. 2011. Pengaruh Gaya Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.