Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pembelajaran model concept attainment dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari rasa ingin tahu dalam pembelajaran matematika dengan model concept attainment. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mixed methods) dengan tipe strategi concurent embedded. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran dengan model concept attainment berkategori baik yang ditunjukkan dengan: (1) pada tahap perencanaan, perangkat pembelajaran yang telah disusun valid, (2) pada tahap pelaksanaan, keterlaksanaan pembelajaran berkategori baik dan mendapatkan respon positif dari siswa, serta (3) pada tahap evaluasi, telah memenuhi uji keefektifan. Selain itu, siswa dengan rasa ingin tahu tinggi sudah mampu mencapai keempat aspek kemampuan pemahaman konsep matematika, sedangkan siswa dengan rasa ingin tahu sedang dan rendah belum mampu mencapai keempat aspek kemampuan pemahaman konsep matematika.


The purpose of this research is analyze the learning quality of attainment concept model in improving students' understanding conceptual of mathematics. In addition, this research also analyzes how students' understanding conceptual ability is viewed from the curiosity in mathematics learning with attainment concept model. This research is a combination research (mixed methods) with concurrent embedded strategy type. The results showed that the quality of learning with the attainment concept model uses a well-categorized indicated by: (1) at the planning stage, learning tools that have been compiled valid, (2) at the implementation stage, the implementation of good categorized learning and getting positive response from the students, and (3) at the evaluation stage, has met the effective test. In addition, students with high curiosity are able to achieve the four aspects of the ability understand conceptual of mathematics, while students with medium and low curiosity have not been able to achieve the four aspects of the ability understand conceptual of mathematics