Abstract

Kemampuan representasi matematis (KRM) merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Siswa mengalami kesulitan dalam merepresentasikan permasalahan matematika.   Kesulitan-kesulitan   tersebut   perlu   diketahui   agar   guru   mampu   merencanakan         pembelajaran. Pembelajaran CPS dengan asesmen diagnostik, salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan representasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) menguji   keefektifan   pembelajaran   CPS   dengan   asesmen   diagnostik   terhadap   kemampuan representasi matematis siswa, 2) menganalisis representasi matematis ditinjau dari kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method dengan concurent embedded design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran CPS dengan asesmen diagnostik efektif melalui uji ketuntasan diperoleh , uji beda rata-rata diperoleh dengan uji SPSS nilai sig dengan uji pengaruh diperoleh nilai sig dengan      = 5% dan terjadi peningkatan kreativitas dan keterampilan representasi matematis  pada  siswa  pilihan.  Siswa  kategori  kreativitas  tinggi  lebih  unggul  pada  indikatorrepresentasi bahasa dan simbol dari pada kategori kreativitas sedang dan lebih unggul dari pada kategori kreativitas rendah. Pada kategori kreativitas sedang lebih unggul pada representasi gambar dibandingkan kedua kategori lainnya. Siswa pada kategori sedang dan rendah mengalami kesulitan dalam penggunaan representasi simbol. Siswa pada kategori rendah mengalami kesulitan dalam menuliskan langkah-langkah penyelesaian dengan kata-kata.


Mathematically representation skills (KRM) is an important aspect in mathematics learning. Students difficulty in mathematicaly representation problems. These difficulties need to be known teacher is able to plan the lesson. CPS learning with diagnostic assesment approach and make student improve the mathematically representation skills. The research aim to (1) test the effectiveness of CPS learning with diagnostic assesment on mathematically representation skills, (2) analyzing mathematically representation skills from the students creativity. This reasearch used mixed method with concurent embedded design. Subject of research are student of 8th grade. Result of research show CPS learning with diagnostic assesment is effective through the test of completeness to get                                                       , the average difference test with SPSS test  to get  sig , testregression get sig with = 5% and an increase in creativity and mathematically representation skills in the selected students. student s with high creativity category are good on= indicators of language representation and symbols more than creativity on category moderate and low. Students on category moderate have  good skills mathematically representation on  picture. Difficulty on use symbol representation on students moderate and low creativity. Students in the low category have difficulty writing down the settlement steps with words.