Abstract

Abstrak

Pada kurikulum 2013 pelajaran TIK dihilangkan dan terintegrasi pada setiap matapelajaran.Ini menjadi tantangan bagi guru matematika supaya kompetensi TIK siswa tetap ditanamkan di sekolah meskipun pelajaran TIK telah dihilangkan.Skenario model MMPterpadu dengan TIK yaitu siswa diberi tugas terstrukturdengan memanfaatkan TIK pada setiap pertemuan.Tujuan penelitian ini adalahmenghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian inimerupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall.Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Buku Siswa,LKS, dan TKPM.Cara pengambilan data dengan dokumen, angket, observasi,wawancara, dan tes. Pengolahan data uji efektifitas dengan uji ketuntasan, ujipengaruh, uji banding, dan uji peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan:perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan skor rataan 4.14;perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis karena respon positif  siswa83,10 % dan skor kemampuan guru mengelola kelas 4,26; pembelajaran matematikaefektif  karena rataan hasil TKPM kelas eksperimen 77,33 melebihi KKM = 70,rataan kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, ada pengaruh positif kemandirian belajar dan keterampilan pemecahan masalah terhadap kemampuanpemecahan masalah sebesar 79%; serta terdapat peningkatan kemandirian,keterampilan pemecahan masalah, dan kemampuan pemecahan masalah.

Abstract

In 2013 curriculum eliminated and integrated ICT lessons in each subject. It’s a challenge formathematics teachers ICT competencies that students stay in school despite the lessons instilledICT has removed.MMP Scenario models integrated with ICT that students are given structuredtasks with the use ICT at each meeting.The purpose this research to producemathematicallearningvalid, practical and effective. This research is development of  model Borg and Gall. Learning device was developed syllabus, lesson plans, Student Book, worksheets, and TKPM.Obtaining data based on collecting documents, questionnaire, observation, interview, and tests.The data processing effectiveness test included test completeness, effect of  test, test differenceand improvement test. The results showed: learning developed device valid with average skor4.14;learning developed device is practical based on 83,10% positive response of  students andscore of  the ability teachers to manage the class is 4.26; the learning mathematics effectiveresult because average results of  experimental class problem solving abilities is 77,33 exceedKKM 70, average experimental grade higher than control, and there is positive effect betweenindependence learningand problem solving skills to problem solving ability many 79%; therean increase independence learning, problem solving skills, and problem solving ability.