PEMBELAJARAN PROGRAM LINEAR BERKARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK

N. Kusumawati, Kartono Kartono, Dwijanto Dwijanto

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian adalah: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran model CIRC dan PBL dengan karakteristik kewirausahaan materi program linear untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik yang valid, (2) mendapatkanefektifitas pembelajaran matematika model CIRC dan PBL dengan karakteristikkewirausahaan. Motivasi kewirausahaan dan keaktifan siswa sebagai variabel be-bas sedangkan kemampuan komunikasi matematik variabel terikat. Hasilnya: (1)perangkat yang dikembangkan valid; (2) pembelajaran model CIRC dan PBL dengan karakteristik kewirausahaan efektif, ditandai tercapainya: a) ketuntasan indi-vidu kemampuan komunikasi matematik melebihi KKM dan ketuntasan klasikalmelebihi 70%, b) motivasi kewirausahaan dan keaktifan siswa berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematik, c) rata-rata kemampuan komuni-kasi matematik siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkanhasil validasi diperoleh perangkat yang valid dan pembelajaran yang efektif, makatujuan pengembangan perangkat tercapai. Oleh sebab itu, untuk meningkatkankemampuan komunikasi matematik siswa materi program linear dan materi laindengan karakteristik sama disarankan menggunakan model CIRC dan PBL yangtelah dikembangkan sehingga media untuk meningkatkan kemampuan komunikasimatematik siswa lebih variatif.

Abstract

This study aims to: (1) generate the CIRC and the PBL learning model with entrepreneurialcharacteristics linear program learning to enhance the valid communication capabilities inMathematics, (2) obtain the effectiveness of learning mathematics using CIRC and PBLwith entrepreneurial characteristics. Activity and entrepreneurial motivation as independentvariables while mathematics communication ability as the dependent variable. The results:(1) valid equipments developed, (2) an effective CIRC and PBL learning process with thecharacteristics of entrepreneurshi, indicated from: a) the exhaustiveness individually mathe-matics communication ability test exceed for minimum standard completeness and classicalcompleteness exceed up to 70%, b) activity and entrepreneurial motivation has a positive effecttowards the mathematics communication ability, c) average of mathematics communicationability test in experiment class is better than the control class. Based on the validation result,the valid and effective learning is obtained, then the purpose of learning instrument develop-ment is achieved. Therefore, to enhance the communication ability of students in the linearprogram learnings and other learnings with the same characteristics, it is suggested to useCIRC and PBL model that has been developed so it will be more varied to get media to improvemathematics students communication ability.


Keywords


Characteristics of entrepreneurship; CIRC and PBL learning model; Communication mathematics ability; Linear programming

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.