Abstract

Gaya kognitif memiliki peran yang sangat penting dalam proses pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi profil kemampuan pemecahan masalah  matematika soal setipe TIMSS pada siswa SMP kelas VIII dengan gaya kognitif FI dan FD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa FI dan tiga siswa FD kelas VIII SMP 3 Kudus. Teknik pengumpulan data adalah dokumen, tes, dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi, penyajian data,dan  penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut (1) untuk subjek FI dalam  menyelesaikan masalah memiliki profil:  dapat memahami pernyataan verbal dari masalah dan mengubahnya ke dalam kalimat matematika, lebih analitis dalam menerima informasi,  dapat memperluas hasil pemecahan masalah dan pemikiran matematis, memberikan suatu pembenaran berdasarkan pada hasil,dan memecahkan masalah dalam konteks kehidupan nyata,  memperoleh jawaban yang benar, (2)  Untuk subjek FD dalam menyelesaikan masalah memiliki profil: dapat memahami pernyataan verbal dari masalah,tetapi tidak dapat mengubahnya ke dalam kalimat matematika,  lebih global dalam menerima informasi, mudah terpengaruh manipulasi unsur pengecoh karena memandang secara global, tidak dapat memperluas hasil pemecahan masalah, memberikan suatu pembenaran berdasarkan pada hasil,dan memecahkan masalah dalam konteks kehidupan nyata, sering tidak dapat memperoleh jawaban yang benar.

Cognitive style has a very important role in the process of problem solving. This study aimed to obtain a profile of mathematical problem solving ability student with FI and FD cognitive style. This research is a descriptive qualitative approach. Subjects in this study were students of class VIII SMP 3 Kudus, ie three students FI and FD. Data collection techniques is a document, test, interview. Data analysis included reduction, presentation, and conclusion. The results of the study show that subject FI in resolving the problem have a profile: (a) to understand the verbal statement of the problem and turn it into a mathematical sentence, (b) more analytical in receiving the information, (c) can extend the results, providing a justification, and solve problems in real-life contexts, (d) to obtain the correct answer. Subject FD in resolving the problem have a profile: (a) to understand the verbal statement of the problem, but can’t turn it into a mathematical sentence, (b) more global in receiving the information, (c) susceptible manipulation humbug elements because they view it globally, (d) can’t extend the results, providing a justification, and solve problems in real-life contexts, (e) often can’t obtain the correct answer.