Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran
matematika dengan menggunakan implementasi teori APOS dengan pendekatan
siklus ACE. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan subjek uji coba
adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jepara. Hasil penelitian menunjukkan:(
dengan nilai  80,7%, persamaan regresi sikap siswa diperoleh
Ŷ= -2,708+19,220X
1
, dengan   nilai 66,7%. Hasil kemampuan penalaran matematis
siswa kelas eksperimen melebihi KKM = 71 dengan rata-rata 77,54 dan lebih dari
80% siswa mencapai KKM yaitu 95,83%, secara stastitik uji-t lebih baik daripada
rata-rata penalaran matematis kelas kontrol.

Abstract

The purpose of  this research is to develop a mathematical model of  learning by using an
implementation of  APOS theory with ACE cycle approach.The type of  this research is a
development research withthe trials subjects were the eighth grade studentsof  SMP Negeri
2 Jepara. The results showed:
with a value of  80,7%, the regression equation of  the students’
attitude is obtained Y = -2,708 +19,220 X
1
, with a value of  66,7 %. The result of  the students’
mathematical reasoning abilities of  the experimental class exceed the KKM = 71 with an
average of  77,54 and more than 80% of  students achieved  the KKM that are 95,83%,
statistically, the t-test is better than the average of  mathematical reasoning of  control class.
2