PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI PEMANTULAN CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS

  • Chandra Eko Purwanto Jurusan Fisika, FMIPA Gedung D7 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229, Universitas Negeri Semarang
  • Sunyoto Eko Nughoro Jurusan Fisika, FMIPA Gedung D7 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229, Universitas Negeri Semarang
  • - Wiyanto Jurusan Fisika, FMIPA Gedung D7 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran guided discovery pada materi pemantulan cahaya terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Magelang, merupakan penelitian eksperimen dengan Design Control Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitianini siswa kelas VIIIA sampai VIIIF SMP Negeri 13 Magelang tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil dua kelas secara acak dari populasi sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode tes dengan soal uraian. Analisis uji gain ternormalisasi memberikan hasil peningkatan 0.40 untuk siswa yang diajar menggunakan guided discovery dan 0,36 untuk siswa yang diajar menggunakan cooperatif learning. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.This research was aimed to determine the application of guided discovery learning applied in reflection of light material in increasing the ability of junior high school students critical thinking skills. The design of this research was experimental research with the Control Group Pretest-posttest Design. The populationsin this research were the students of VIIIA to VIIIF classes SMP 13 Magelang school year 2010/2011. Sampling technique of this research used simple random sampling technique by taking two classes at random from the populationas a control class and experimental class. Reasearcher collected data from test method. The data analysis using gain normalized test showed result 0.40 for class which was taught by guided discovery model, and 0.36 for class which was taught by cooperatif learning. The conclusion of this research is the application of guided discovery learning can enhance students' critical thinking skills.
How to Cite
PURWANTO, Chandra Eko; NUGHORO, Sunyoto Eko; WIYANTO, -. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI PEMANTULAN CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS. Unnes Physics Education Journal, [S.l.], v. 1, n. 1, july 2012. ISSN 2252-6935. Available at: <http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/768>. Date accessed: 04 dec. 2016. doi: http://dx.doi.org/10.15294/upej.v1i1.768.
Section
Articles

Keywords

critical thinking; cooperative learning; guided discovery