Abstract





Abstrak




 






Hasil observasi yang dilakukan di SMP N 4 Kudus ditemukan beberapa kendala yaitu pembelajaran IPA masih konvensional, sehingga peserta didik pasif, padahal sekolah memiliki fasilitas berupa laboratorium IPA yang cukup lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh petunjuk praktikum guided discovery tema tekanan terhadap keterampilan melakukan percobaan dan keterampilan mengkomunikasikan hasil. Desain penelitian ini yaitu Two-group posttest only dengan teknik simple random sampling yang diuji homogenitas terlebih dahulu. Digunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum guided discovery dan kelas kontrol  menggunakan petunjuk praktikum biasa. Pengaruh petunjuk praktikum guided discovery terhadap keterampilan melakukan percobaan melalui test sebesar 5,004% sedangkan untuk lembar observasi percobaan pertama sampai keenam sebesar 9,340%; 12,85%; 25,33%; 21,52%; 16,90%; dan  51,33%. Pengaruh petunjuk praktikum guided discovery terhadap keterampilan mengkomunikasikan hasil melalui test sebesar 18,05% sedangkan untuk lembar observasi percobaan pertama sampai keenam sebesar 6,250%; 17,16%; 24,08%; 23,99 %; 11,03%; dan 32,15 %


 


 



 


 



 


 




 






 Abstract


The results of observations conducted at SMP N 4 Kudus discovered several problems that learning science is still conventional, so passive learners, even though the school has facilities such as science laboratories are fairly complete. This study aimed to investigate the effect of guided discovery experiment instruction on pressure theme of skills to experiment and skill to communicate the results. This study design is Two-group posttest only by simple random sampling technique which tested the homogeneity of the first. Used two classes, experiment class using the guided discovery experiment instructions and control class using ordinary experiment instruction. Effect of guided discovery experiment instructions to conduct experiments with test skills at 5.004% while for the experimental observation sheet first to sixth at 9.340%; 12.85%; 25.33%; 21.52%; 16.90%; and 51.33%. Effect of guided discovery experiment instruction to the skill of communicating results through test 18.05% whereas for experimental observation sheet first to sixth at 6.250%; 17.16%; 24.08%; 23.99%; 11.03%; and 32.15%.