Abstract





Abstrak




 






Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui  pengaruh  pendekatan  CTL berbasis SETS terhadap  pemahaman konsep dan karakter siswa. Desain dari penelitian ini adalah quasi experiment, nonequivalent control group design. Sampel diambil secara pusposive sampling dan didapatkan  kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Data  penelitian  ini  adalah  data  nilai  posttest  dan  data  observasi  karakter  siswa.  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan bahwa  rata-rata  nilai posttest  kelas eksperimen  adalah  79,67 dan  kelas kontrol  74,38. Hasil  analisis korelasi biserial 0,417  dan  koefisien  determinasi  17%.  Berdasarkan   observasi,  hasil  analisis  korelasi  spearman   adalah  0,51  untuk karakter jujur, 0,49 untuk toleransi, 0,55 disiplin, 0,58 rasa ingin tahu, dan 0,73 untuk karakter peduli lin gkungan. Hasil koefisien determinasi  adalah  26% untuk  kerakter jujur, toleransi  24%, disiplin 30%, rasa ingin tahu  34%, dan  peduli lingkungan 53%.



 


 



 


 




 






Abstract


This study aimed to determine the influence of CTL based SETS approach towards understanding concept and character of students. The study design was quasi experimental design of nonequivalent control group design. The sample was taken by using purposive sampling technique which resulted class VIII F as experimental class and class VIII H as control class. The data consisting of the posttest value and the observation of students character by observer. The result of this study showed that average of posttest value experiment class 79.67 and control class 74.38. The resulted of biserial correlation analysis 0.417 and coefficient of determination17%. Based on the observation, the resulted of spearman correlation analysis are 0.51 for honestly character, 0.49 for tolerance, 0.55 for discipline, 0.58 for curiosity, and 0.73 for care about environment. The resulted of coefficient determination  are honestly 26%, tolerance 24%, 30% for discipline, 34% for curiosity, and 53% care about environment.