Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas belajar siswa pada pembelajaran materi sistem pernapasan manusia dengan menggunakan alat peraga di SMP kelas VIII. Jenis penelitian adalah penelitian pre-eksperimental menggunakan desain One-shot case study. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII B dan VIII C yang diambil secara acak. Kedua kelas tersebut sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang pembelajarannya menggunakan alat peraga sistem pernapasan manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa termasuk kategori sangat aktif yaitu sebesar 93%. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa termasuk dalam kriteria sangat baik yakni sebesar 89,58% serta tanggapan siswa  selama proses pembelajaran termasuk kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga sistem pernapasan manusia dapat mengoptimalkan kualitas belajar siswa kelas VIII di SMP N 3 Kandangan.

Abstract:

This aim of this research is to know how the quality of student learning in learning process of human respiratory system meterial that use visual aids in eightth grade student of SMP. This research used pre-experimental design using One-shot case study. The sample classes are VIII B and VIII C that were choosen using random sampling technique. For treatment, both classes used human respiratory visual aids. The results showed the student activities included in very active criteria that are 93%. Students classical completeness included in very good criteria that are 89.58% and students responses during the learning process included in very well criteria. Based on the analysis and research, it can be concluded that the use of the human respiratory system visual aids can optimize the quality of student learning in SMP N 3 Kandangan.