Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh Prestasi Belajar dan Aktivitas Berorganisasi terhadap Daya Saing mahasiswa. 2) Menganalisis peran Soft Skill sebagai variabel intervening yang memediasi pengaruh tidak langsung Prestasi Belajar dan Aktivitas Berorganisasi terhadap Daya Saing mahasiswa. Penelitian ini termasuk pada kategori kuantitatif dengan pendekatan hipotesys study. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kuningan dari angkatan 2011 hingga 2014 yang berjumlah 198. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang menghasilkan jumlah sampel sebanyak 132. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan kuisioner. Analisis data statistik inferensial dengan path  analisys menggunakan program SPSS versi 21. Uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov, uji multikolinieritas dengan melihat nilai VIF dan Condition Index, uji heteroskedaktisitas dengan uji Glejster, dan uji autokorelasi dengan Run Test. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengaruh langsung Prestasi Belajar terhadap Daya Saing signifikan dengan nilai koefisien jalur sebesar 14,7%. Pengaruh langsung Aktivitas Berorganisasi terhadap Daya Saing tidak signifikan. Pengaruh Soft Skill terhadap Daya Saing signifikan dengan koefisien jalur sebesar 51,9%. Peran Soft Skill dalam memediasi pengaruh tidak langsung Prestasi Belajar terhadap Daya Saing tidak signifikan. Sedangkan peran Soft Skill dalam memediasi pengaruh tidak langsung Aktivitas Berorganisasi terhadap Daya Saing signifikan dengan nilai Sobel sebesar 39,7%. Berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya mahasiswa meningkatkan soft skill-nya dengan serius mengikuti aktivitas berorganisasi. Selanjutnya, kepada pihak pembantu Dekan bidang kemahasiswaan sebaiknya lebih giat lagi dalam mengajak dan mensosialisasikan aktivitas berorganisasi untuk meningkatkan soft skill mahasiswa,  karena soft skill yang meningkat akan juga meningkatkan daya saing.


 


This study aims to: 1) Analyzing the effect of Learning Achievement and Organizational Activities toward the students Competitiveness. 2) Analyzing the role of Soft Skills as intervening variable that mediate the indirect effect of Learning Achievement and Organizational Activities toward the students Competitiveness.This Thesis was an hipotesys study with quantitative approach. Population in this study is the students of Economic Education Department, Kuningan University from 2011 to 2014 graduates. The Sampling technique used simple random sampling which resulted in a total sample of 132. The Methods of data collecting in this study used  documentation and questionnaires techniques. The statistical Analysis data used path analisys with SPSS 21th version. The Normality test used the Kolmogorov Smirnov test, multicolinierity test draw on VIF and Condition Index, test of heteroskedakticity utilized Glejster, and autocorrelation test exploited Run test. The Results of this study found that the direct effect of Learning Achievement toward the students Competitiveness were significantly 14.7%. The direct effect of the Competitiveness on the Organize Activities were not significant. The Effect of Soft Skill on Competitiveness was significantly 51.9%. Soft Skill mediating role in the Competitiveness Achievement was insignificant. But, the role of mediation Soft Skills at the Competitiveness Organize Activities were significantly with 0,397 of Sobel Test.Based on these results, we recommended that students can improve their soft skills with serious long-organize. Further, to the dean of student affairs should be more active in asking and socializing Organizational Activitised to improve the soft skills of the students, because the soft skills which is increasing would also enhance the competitiveness.