Abstract

Memandang guru sebagai tenaga kerja profesional. maka usaha- usaha untuk membuat guru menjadi profesional tidak semata- mata hanya meningkatkan kompetensinya namun perlu juga memperhatikan guru dari segi yang lain seperti pemberian motivasi, bimbingan supervisi, intensif, gaji yang layak dengan keprofesionalnya, sehingga memungkinkan guru menjadi puas dalam bekerja sebagai pendidik. Kepuasan kerja berkenaan dengan kesesuaian antara harapan seseorang dengan realitanya yang didapatkan di lingkungan kerjanya. Penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif . Populasi penelitian adalah guru MA se Kabupaten Rembang baik yang PNS maupun honorer yang berjumlah 280 guru dari 10 MA dengan teknik proporsional random sampling.Metode analisis data dengan menggunakan teknik uji tanda Rank Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan indikator Kompensasi , iklim sekolah, supervisi teknik dan karakteristik pekerjaan menunjukkan harapan lebih besar daripada realita yang dihadapi sehingga merasa tidak puas atau kecewa, Saran : 1) Faktor kompensasi yang berupa gaji dengan memperhatikan dan meningkatkan gaji yang diperoleh, 2) Faktor Iklim kerja yang diantaranya hubungan dengan rekan kerja dan peluang mengembangkan karir dan jabatan perlu diciptakan suasana yang kondusif, 3) Faktor Supervisi Teknis perlu mengevaluasi dan menemukan teknik supervisi yang efektif dalam membantu menyelesaikan masalah pembelajaran, 4) Faktor karakteristik pekerjaan perlu memposisikan dan pemberikan tugas mengajar sesuai dengan kualifikasi keilmuannya

There are some efforts for teachers to be regarded as a professional. In addition to improve their competence, they should consider the other aspects like motivation, supervision, intensive, salary based on their professionalism that enable them to achieve their satisfaction as a teacher. This satisfaction relates to the balance of the expectation and reality of their surrounding. This research is a survey using quantitative approach. The population is the teachers of MA in Rembang regency included civil servant and honorary which amounts to 280 teachers of 10 MA with proportional random sampling method and also using the analysis Rank Wilcoxon test method for the data analysis. The result shows the whole compensation, school climate, supervision technique and job characteristic showing bigger expectation than the reality, which leads to dissatisfaction. Suggestion : 1) The compensation which consider and improve the salary, 2) The conducive climate between partners and the opportunity to develop the carrier 3) Supervision technique that should evaluate in reveal the the most effective one to solve the problems in learning. 4) The job characteristic should base on the qualification of each teachers subject