Abstract

Keberhasilan suatu organisasi pendidikan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan tidak lepas dari peran serta Kepala Madrasah dalam melaksanakan kinerjanya. Dalam melaksanakan tugasnya keber-hasilan Kinerja Kepala Madrasah dipengaruhi oleh banyak faktor, kompetensi manajerial, supervisi, dan kewirausahaan dan masih banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi kinerja Kepala Madrasah. Peneli-tian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kompetensi manajerial terhadap kinerja Kepala Madrasah, Pengaruh Kompetensi Supervisi terhadap Kinerja Madrasah, Kompetensi kewirausahaan terhadap kinerja dan kompetensi Manajerial, Supervisi dan Kewirausahaan secara bersama-sama terhadap kinerja Kepala Madrasah. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimen, populasi adalah seluruh guru MI Negeri yang ada di Kabupaten Brebes dengan jumlah guru 137 orang, dan ukuran sampel diten-tukan dengan tabel krejcie sebanyak 99 orang. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi berganda. Hasil penelitian Kompetensi manajerial tehadap kinerja kepala dengan kategori baik dan signifikan, kompetensi supervisi terhadap kinerja kepala dengan kategori baik dan signifikan, pengaruh kompetensi kewirausa-haan terhadap kinerja sebesar 56,57%, terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi manajerial terhadap kinerja kepala madrasah sebesar 75%, kompetensi supervisi sebesar 68,1 %, kompetensi kewirau-sahaan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 70,3 % hasil analisis berganda menunjukan adanya pen-garuh bersama-sama secara positif dan signifikan kompetensi manajerial, supervisi dan kewirausahaan terhadap kinerja kepala madrasah dengan koefisiensi determinasi sebesar 29,7%. Berdasarkan penelitian ini disarankan kinerja kepala madrasah perlu ditingkatkan karena masih ada beberapa kepala madrasah kinerjanya dalam kategori cukup.

 

The success of educational unit in achieving target can’t be achieved without the role of the head master of Madrasah in doing his work. It is affected by many factors like managerial competence, supervision, entrepreneurship and other factors which affect the head master’s work. The objective of the research is to analyze the impacts of managerial competence to the work of Madrasah head master, supervision competence to the work of Madrasah, entrepreneur competence to managerial competence, supervision, and entrepreneur together to the work of Madrasah head master. The approach of this research is non quantitative experiment, the populations are whole teachers of MI Negeri in Brebes regency who consists of 137 teachers, and the form of sample is determined by krejcie table which consist of 99 teachers. The data are collected by using questionnaire. The analysis uses descriptive statistic, simple regression, and double regression. statistik The result of managerial competence shows that the work of the head master is in good category and significant, managerial supervision competence to the work is also good, and entrepreneur competence to the work is about 56.57%, there is positive and significant impact to managerial competence toward the work of the head master 75%, , 68,1 % for supervision competence, 70,3 % for entrepreneur competence. The result of double analysis shows that there’s positive and significant mutual impacts of managerial, supervision, and entrepreneur competence toward the work of head mas-ter with determination coefficient that is about 29.7%. Based on this research, it is suggested to increase the productivity of all MI headmaster because there are still some who in average category.