Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model inovatif tentang manajemen pembiayaan satuan pendidikan berbasis kegiatan pada SMP RSBI di Kota Magelang. Penelitian ini meng-gunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data dan informasi yang diperoleh dari studi pendahuluan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP RSBI di Kota Magelang telah melaksanakan manajemen pembiayaan pendidikan berbasis kinerja melalui empat ta-hap yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Penelitian ini juga menemukan pola manajemen pembiayaan di satuan pendidikan yang berupa SOP Manajemen Pembiayaan Pendidikan dan model penghitungan unit cost per siswa per tahun per satuan pendidikan. Kedua model tersebut telah diujicoba dan terbukti efektif. Namun perlu direkomendasikan agar pemberlakuan SOP dan penghitungan BOSP dilakukan secara menyeluruh disemua satuan pendidikan di Kota Magelang. Model pengembangan manaje-men pembiayaan dan penghitungan biaya operasional satuan pendidikan yang dihasilkan dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan kerangka acuan bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan manajemen pembiayaan dengan menerapkan rincian kegiatan SOP dan komponen-komponen penghitungan BOSP. Satuan Pendidikan khususnya di Kota Ma-gelang hendaknya menggunakan SOP manajemen pembiayaan agar input, proses, output, dan outcomes dari pelaksanaan manajemen pembiayaan dapat bermutu dan akhirnya dapat meningkatkan kepuasan para stakeholder pendidikan.

 

The objective of this research is to find out the innovative model about finance management education unit based on the activity in RSBI Junior High School In Magelang. model This research uses Research and Development method. The analysis of descriptive qualitative is used to analyze the data and infor-mation which is gained from introduction study. The result shows that SMP RSBI in Magelang town has applied finance management education based action through 4 steps: planning, organizing, action, monitoring, and evaluation. This research also finds out financial management pattern in educational unit that is SOP of financial education management and the accounting pattern in unit cost per student for each year per educational unit. Those two models have been tested and proven effectively. However the application of SOP and the accounting of BSOP must be done in entire Magelang. This model which produced in this research is expected to enable in giving the frame for educational unit in order to develop accounting management by applying the details of SOP and the components of BOSP accounting. The educational unit, especially in Magelang should use SOP financing management for the sake of the quality of input, process, output and outcomes that will lead into satisfaction of education stakeholders.