Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengaplikasikan dalam bentuk model pendidikan kewirausahaan keluarga Tiong Hoa, efektivitas model pendidikan kewirausahaan, memecahkan permasalahan hambatan penerapan model pendidikan kewirausahaan dan membuat model alternatif pendidikan kewirausahaan dari keluarga Tiong Hoa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, adalah mixed method. Tahap selanjutnya menentukan sumber data dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, kemudian dilakukan analisis data kuantitatif dengan deskriptif persentase. Model pendidikan kewirausahaan keluarga diletakkan paling awal karena menjadi ukuran dasar sukses tidaknya proses di keluarga Tiong Hoa. Proses selanjutnya tahap Input, hal ini individu atau anak (Etnis Tiong Hoa) yang belum terpengaruh apapun dalam proses pendidikan kewirausahaan di keluarganya. Tahap selanjutnya proses individu berperan sebagai penerima didikan dan keluarganya berperan sebagi motivator, pengajar, dan sekaligus orang tua sebagai mana mestinya. Semua tahap proses diharapkan dapat menciptakan output individu yang memiliki kemampuan, pengetahuan dan kompetensi berwirausaha ala Tiong Hoa. Tahap akhir maka akan ada outcome yang mencerminkan berfungsinya keluaran. Hasil output yang diharapkan individu tersebut memiliki kemampuan berwirausaha dan tahap akhir individu sudah dibekali dengan kemampuan dan pendidikan kewiraushaan ala keluarga Tiong Hoa akan dapat mengambil keputusan untuk melanjutkan usaha orang tua atau bekerja sendiri.

 

This study aims to understand of family entrepreneurship education model Tiong Hoa, the effectiveness of entrepreneurship education model, solve the problem of implementation of the educational model of entrepreneurship and entrepreneurial education create alternative models of family Tiong Hoa. The approach used in this study, is a mixed method.The next stage determines the source of data and analysis techniques used are qualitative data analysis that includes data reduction, data presentation and conclusion, then performed a descriptive analysis of quantitative data by percentage. Family entrepreneurship education model placed the earliest since become a basic measure of success or failure in the family Tiong Hoa. The next process in this case the individual or the child which has not been affected whatsoever in the process of entrepreneurship education in the family. The next stage is an individual process acts as a receiver and his family plays a role as a motivator, teachers, and parents as well as it should. Results expected output the individual has the ability to entrepreneurship and the final stage is equipped with the capability of individual and family-style education kewiraushaan Tiong Hoa will be able to take a decision to continue the business or self-employed parents.