PERILAKU BELAJAR PENGELOLAAN WIRAUSAHA LAUNDRY DI SEKITAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Solekan -
Ahmad Rifai
Amin Yusuf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji dan menganalisis perilaku belajar wirausaha dalam pengelolaan usaha laundry di sekitar kampus Universitas Negeri Semarang, (2) mengkaji dan menganalisis perilaku belajar sebagai masukan produk/jasa yang diterapkan dalam usaha laundry di sekitar kampus Universitas Negeri Semarang, (3) mengkaji dan menganalisis strategi-strategi belajar apa yang ditempuh untuk mewujudkan kepuasan pelanggan usaha laundry di sekitar kampus Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah pemilik, karyawan dan pelanggan laundry. Teknik penarikan sampling dengan purposivesampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, display data serta verifikasi dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku belajar wirausaha dalam pengelolaan usaha laundry di sekitar kampus Universitas Negeri Semarang dalam aspek perencanaan adalah menetapkan tempat, tenaga kerja, alat-alat, bahan, dan fasilitas pendukung untuk publikasi. Perilaku belajar sebagai masukan produk/jasa yang diterapkan dalam usaha laundry di sekitar kampus Universitas Negeri Semarang.

This study aims to (1) assess and analyze the behavior of entrepreneurial learning in the laundry business management around Semarang State University campus, (2) assess and analyze the behavior of learning as input products / services that are applied in the laundry business around Semarang State University campus, (3) assess and analyze the strategies of learning what is taken to achieve customer satisfaction oflaundry business around Semarang State Universitycampus. This study is a descriptive study with a qualitative approach. The data sourcesare the owner, employee and customer facilities. The validity of the data uses triangulation techniques and methods. The results shows that entrepreneurial behavior learned in the management of the laundry business around Semarang State University campus in the aspect of planning is to set the place, tools, materials, and supporting facilities for publication.The behavioral learning as the input products / services that are applied in the laundry business around Semarang State University campus.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Handoko, T.Hani. 1994. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Yogyakarta : BPFE UGM.
Hasibuan, M. 2003. Organisasi dan Motivasi. Jakarta : Bumi Aksara.
Moleong, L.J. 2010.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Segal, Gerry, Borgia and Jerry Schoenfeld.2005. The Motivation To Become An Entrepreneur.International Journal of Entrepreneurial Behavior & Researc.Vol. 11 No 1. Emerald Group Publishing Limited. USA.
Sugiyono, 2009.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana.2001. Kewirausahaan.Jakarta : Salemba Empat
Suryana, Asep. 2009.Inovasi. Dalam www.Inovasipendidikan.wordpress.com. diunduh30 September 2014.
www.ultraparfumlaundry.com/blog/tips-membuka-usaha-laundry(diunduh 30 Januari 2015)
Jeff Skoll. 2009. Social Entrepreneurship:Power to Change, Power to Inspire dalam jurnal Innovations Skoll World Forum MIT. Massachuset Institute of Technology.
Joern H. Block, Lennart Hoogerheide, dan Roy Thurik. 2012. Are Education and Entrepreneurial Income Endogenous? A Bayesian Analysis dalam jurnal Entrepreneurship Research vol. 10.No.1515.
Johan Wiklund & Dean Shepherd. 2005. Entrepreneurial orientation and small business performance: a configurational approach within Journal of Business Venturing 20 (2005) 71–91.
Krueger, N.F. Jr, Reilly, M.D. and Carsrud, A.L. 2000, “Competing models of entrepreneurial intentions”, Journal of Business Venturing, Vol. 15 No. 5/6, pp. 411-32.
Praag, C.M and Cramer, J.S. 2001, “The roots of entrepreneurship and Labour Demand: Individual ability and low risk”, Economica, Vol.68 No.259, pp. 45-62.