Semerbak Tembakau Dlimoyo: Enterpreneur Lokal di Ngadirejo Temanggung Akhir Abad XX

  • ebbim farizal farizal UNNES

Abstract

Abstrak

 

Tanaman tembakau memiliki daya tarik tersendiri bagi para petani yang ada di Desa Dlimoyo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Tembakau menjadi komoditi yang diunggulkan oleh para petani tembakau di wilayah Desa Dlimoyo. Tanaman tembakau sangat berpengaruh terhadap perekonomian para petani itu sendiri maupun perekonomian daerah. Tanaman tembakau di Desa Dlimoyo dikenal memiliki kualitas yang sangat baik. Kajian mengenai tanaman tembakau di Desa Dlimoyo masih belum banyak diteliti. Berkaitan dengan itu maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih jelas tentang tengkulak tembakau dalam perubahan sosial ekonomi di Desa Dlimoyo.

          Penelitian ini dilakukan untuk mencari jawaban atas beberapa masalah yang ada. (1)  Mengapa petani tetap bertahan dalam budidaya tembakau di Desa Dlimoyo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. (2) Perubahan sosial apa yang terjadi dari pengelolaan budidaya tembakau di Desa Dlimoyo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung.

          Metode Penelitian ini terdiri atas beberapa tahap yaitu (1) Heuristik, (2) kritik sumber, (3) interpretasi dan (4) historiografi. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan data berupa data tertulis dan dokumen berupa arsip, dan kebanyakan dari sumber lisan hasil wawancara langsung dengan petani tembakau yang sudah berperan dalam pengolahan tembakau pada tahun tersebut..’

          Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh dua kesimpulan yaitu (1) budidaya tembakau yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat Desa Dlimoyo. hal paling mendasar dari tradisi yaitu adanya naluri atau informasi yang diteruskan dari generasi ke generasi baik tertulis maupun lisan. Dan kehadiran tengkulak yang setiap saat dapat dijangkau oleh petani tembakau memiliki pengaruh yang cukup kuat sehingga petani tidak bisa keluar dari hubungan sosial yang telah dibangun antara keduanya (2) Kondisi masyarakat yang semula biasa-biasa saja dan sebagaimana lazimnya penduduk pedesaan dengan kondisi yang serba pas-pasan sekarang telah menjadi manusia yang berkecukupan serta dapat maningkatkan taraf hidup dan status petani. Perubahan status menuju kondisi ekonomi yang cukup mapan akan mengubah berbagai aspek kehidupan mereka.

Kata kunci : Petani, Tembakau, Sosial, Ekonomi.

 

Published
2023-12-01