Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran, mengkaji tingkat kevalidan, dan menguji keefektifan media pembelajaran buku saku IPA  materi gerak benda kelas III SDN 1 Kemloko Grobogan. Penelitian ini merupakan Research and Development, dengan subjek peserta didik kelas III SDN Anggaswangi untuk uji coba soal dan uji coba produk skala kecil dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling serta SDN 1 Kemloko untuk uji coba pemakaian skala besar menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dokumen, observasi, dan tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan berupa buku saku IPA materi gerak benda memiliki kriteria layak berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 80%, media sebesar 79%, dan praktisi sebesar 80%. Media pembelajaran yang dikembangkan juga memiliki kriteria baik ditinjau dari perbedaan rata-rata serta peningkatan hasil belajar peserta didik. Ini terbukti dari hasil analisis menggunakan uji-t berpasangan (related sample t-test) diperoleh t-hitung =12,5 > t-tabel = 2,05 dikategorikan pencapaian signifikan, didukung dengan hasil analisis N-gain sebesar 0,5 dengan tingkat pencapaian sedang. Berdasarkan hasil perhitungan disimpulkan buku saku IPA materi gerak benda kelas III SD layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.


Abstract


The purpose of this study is to improve the learning media, to inspect the level of validity and to examine the effectiveness the motion object material pocket book science learning media in the third grade of SDN 1 Kemloko Grobogan. The study is the research and development, by the subject of SDN Anggaswangi student in the third grade to the trial question an small scale product using random sampling technique and also by scale product by using sample jenuh technique. The collecting data technique used is interview, inquiry, document, observation, and multiple choice test. The result of the study shows that the developed learning media is the motion object material pocket book science which it has eligible criteria based on assesment of material expert by 80 percent, media by 79 percent and practitioner by 80 percent. The developed learning media is also has a good criteria in terms of the average difference and the improvement of study learning result. Its proved from the analysis result using couple t-test (related sample t-test) got by t-calculation = 12,5 > t-table = 2,05 included the significant attainment, supported by the analysis result N-gain by 0,5  in medium attainment. Based on calculation result concluded that the motion object material pocket book science is effective used in the learning process.