HUBUNGAN MINAT BACA DAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN
Risa Tikdia setyowati, Purnomo, Sukardi
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji hubungan antara minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman; (2) menentukan besarnya kontribusi minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahamansiswa kelas V SD, Gugus Suroto, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan 77 sampel, dipilih menggunakan teknik propotional random sampling. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD, Gugus Suroto, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang sebanyak 77 siswa. Dipilih menggunakan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup, dokumentasi dan tes. Analisis dan uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi linier sederhana, regresi linier ganda dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah minat baca dan kebiasaan membaca berhubungan positif dan signifikan dengan kemampuan membaca pemahaman sebesar 55% pada siswa kelas V SD di Gugus Suroto (r=0,746, R= 0,556). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara minat baca dan kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Gugus Suroto Kecamatan Mungkid Magelang
This research was aimed to: 1) testing correlation between reading interest, reading habbit with the ability of reading comprehension; 2) discover the contribution reading interest and reading habbit with the ability of reading comprehension on fifth grade class students at State Elementary School of Suroto Cluster Mungkid sub-district Magelang regency.It was a correlational research using 77 samples, selected using proportional random sampling technique. Instruments used to collect data were test,interview, and documentation. Data was analyzed using a descriptive analysis. The pre-condition test was conducted by normality, linearity, and multikolinierity tests. The hypothesis examination was conducted by a simple correlation, simple linier regresion, multiple correlations and multiple linier regresion. This research result was reading interest (X1) and reading Habbit (X2) jointly positively and significantly related to the reading comprehension (Y) amount 55% on fifth grade class students at state elementary school of Suroto Cluster (r=0,746 and R2= 0,556). There was a correlation of reading interest, reading habbit and the ability of reading comprehension on fifth grade class students at State Elementary School of Suroto Cluster Mungkid sub-district Magelang regency.