PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA MENULIS KALIMAT SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS II
Yunaning Dwi Putranti, Nugraheti Sismulyasih Sb., S.Pd., M.Pd., Drs. Sukarir Nuryanto, M.Pd.
Abstract
Abstrak
Menulis merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa, namun masih banyak terjadi permasalahan terutama
dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan ular tangga
untuk pembelajaran menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
pengembangan pada teori Borg dan Gall (Sugiyono, 2015:35) namun hanya menggunakan tujuh tahap penelitian yaitu:
(1) tahap survei pendahuluan; (2) tahap awal pengembangan prototype; (3) tahap desain produk; (4) tahap validasi
desain; (5) tahap revisi dan perbaikan desain; dan (6) tahap uji coba produk; (7) tahap revisi produk dan penyusunan
hasil. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) siswa dan guru membutuhkan media permainan ular tangga berukuran besar
dengan warna yang menarik, dan kartu gambar tentang kegiatan anak; (2) kelayakan penggunaan media permainan ular
tangga menulis kalimat sederhana oleh ahli materi adalah 84 dan ahli media adalah 88 sehingga mendapatkan jumlah
172 termasuk ke dalam kriteria sangat valid. (3) rata-rata hasil penilaian menulis kalimat pada uji efektifitas
mendapatkan rata-rata 78,42 dengan ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, mengartikan bahwa produk
media ular tangga menulis kalimat sederhana sangat layak untuk digunakan. Peneliti memberikan saran untuk
meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung menggunakan media permainan
ular tangga menulis kalimat sederhana.
Writing skill must be mastered by the students, but there are still many problems especially using cursive handwriting.
This research aims to develop a snake and ladder game of simple sentence writing lesson for second grade. This
research uses development research approach on Borg and Gall theory (Sugiyono, 2015: 35) but its only uses seven
stages of research, there are: (1) Research and information collecting; (2) planning; (3) develop preliminary form a
product; (4) preliminary field testing; (5) main product revision; (6) main field testing; and (7) operational product
revision. The result of the research are: (1) students and teachers need a large size of snake and ladder game with bright
colors, and picture of the cards is about children's activities; (2) the feasibility of using snake and ladder game of write
a simple sentence by the material expert is 84 and the media expert is 88 so getting the number 172 included in the
very valid criterion. (3) the average result of writing simple sentence on the effectiveness test get 78,42 with 100%
completeness reaches. Based on the results of the research means that the snake and ladder game of writing simple
sentences is very feasible to use. Researchers provide suggestions for improving the skill of writing simple sentences
with cursive handwriting continued using snake and ladder game of writing a simple sentence.