HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V
Azka Manazila, Eko Purwanti, A. Busyairi
Abstract
Abstrak
______________________________________________________________
Motivasi belajar dan disiplin siswa merupakan faktor yang dapat
mempengaruhi hasil belajar PKn. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada
tidaknya hubungan motivasi belajar dan disiplin siswa secara bersama-sama
dengan hasil belajar PKn kelas V SD Negeri Gugus Watubarut Kecamatan
Kebumen Kabupaten Kebumen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas
V SD Negeri Gugus Watubarut Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen
berjumlah 134 siswa dengan menggunakan teknik Probability Random Sampling,
sebanyak 85 siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik
deskriptif dan analisis korelasi pearson product moment. Hubungan yang dihasilkan
motivasi belajar dan disiplin siswa dengan hasil belajar PKn adalah kuat, dengan
koefisien korelasinya sebesar 0,780 dan besarnya kontribusi yaitu 60,8 %.
Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif, kuat dan
signifikan antara motivasi belajar dan disiplin siswa secara bersama-sama dengan
hasil belajar PKn kelas V SD Negeri Gugus Watubarut Kecamatan Kebumen
Kabupaten Kebumen.
Learning motivation and student discipline were factors that could influenced Civic learning
result. This researched’s purposed was to examined the relationship of learning motivation
with student discipline toward Civic learning result of grade fifth on Elementary School in
Cluster Watubarut Kebumen. The population of this research was the students of grade fifth
on Elementary School in Cluster Watubarut Kebumen, there were 134 students used
sampling technique Probability Random Sampling, with sample 85 students. Data of the
researched were analyzed used descriptive statistic analysis and pearson product moment
correlation analysis. The correlation result of learning motivation and student discipline
toward student Civic learning result was strong, with a correlation coefficient of 0,780 and
contribution of 60,8%. The conclusion of this research was positive, strong and significant
correlation between learning motivation and student discipline toward Civic learning result
of grade fifth on Elementary School in Cluster Watubarut Kebumen.