Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas IV SDN Bulu Lor diketahui bahwa dalam pengelolaan pembelajaran IPA guru masih kurang maksimal, guru kurang memotivasi siswa untuk melakukan komunikasi ilmiah, siswa belum maksimal dalam melakukan komunikasi ilmiah dan berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah melalui penggunaan model kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran IPA?; 2) Apakah melalui penggunaan model kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan aktivitas komunikasi ilmiah siswa kelas IV SDN Bulu Lor?; 3) Bagaimana hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Bulu Lor dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Talk Write? Pemecahan masalah yaitu 1) membentuk kelompok yang anggotanya 3 – 5 siswa. 2) Guru memberikan informasi dengan menunjukkan benda kongkrit. 3) Guru membagi teks bacaan berupa LKS yang memuat situasi masalah dan petunjuk masalah. 4) Siswa membaca LKS (think) dan mempelajari serta membuat catatan dari hasil bacaannya secara individual. 5) Siswa mengamati benda-benda yang ditunjukkan oleh guru dan menghubungkannya. 6) Siswa bekerjasama saling membacakan, mengamati, dan menemukan ide-ide untuk didiskusikan. 7) Siswa mengkonstruksi pengetahuannya sebagai hasil kolaborasi kebentuk tulisan. 8) Mempresentasikan hasil diskusi kelompok. 9) Guru membuat kesimpulan bersama. 10) Penutup.

Tujuan umum dari penelitian ini adalah meningkatkan komunikasi ilmiah siswa melalui model kooperatif tipe Think Talk Write siswa kelas IV SDN Bulu Lor Semarang. Tujuan Khusus dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan: 1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran IPA dengan model kooperatif tipe Think Talk Write, 2) Aktivitas komunikasi ilmiah siswa kelas IV SDN Bulu Lor dalam pembelajaran IPA dengan model kooperatif tipe Think Talk Write, 3) Hasil belajar siswa kelas IV SDN Bulu Lor dalam pembelajaran IPA dengan model kooperatif tipe Think Talk Write. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Talk Write yang dilakukan beberapa siklus , setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV dengan jumlah 33 yang terdiri dari 17 siswa laki-laki, 16 siswa perempuan SDN Bulu Lor Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi.  Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Pada siklus I rata-rata perolehan skor kemampuan guru adalah 3,16 dengan kategori baik, pada siklus II rata-rata perolehan skor kemampuan guru meningkat menjadi 3,8 dengan kategori sangat baik, 2) Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh total skor 2,54 dengan kategori baik, dan pada siklus II perolehan skor meningkat menjadi 3,3 dengan kategori sangat baik, 3) Pada siklus I ketuntasan hasil belajara klasikal mencapai 72,7% (24 dari 33 siswa yang tuntas mencapai KKM ? 63) dengan rerata kelas adalah 73,3 dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar klasikal meningkat menjadi 87,9% (29 dari 33 siswa) dengan rerata kelas adalah 81,4.  Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui model kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan, kemampuan guru, aktivitas komunikasi siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bulu Lor Semarang. Saran bagi guru adalah model kooperatif tipe Think Talk Write dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan komunikasi ilmiah pembelajaran IPA

Abstract

___________________________________________________________________

Based on observations made by researchers at the fourth grade students of SDN fur Lor is known that in the management of learning is still less than the maximum science teachers, teachers are less motivated students to conduct scientific communication, the students have not been up in scientific communication and low impact on student learning outcomes. Based on the background of the formulation of the problem in this study were: 1) What type of cooperative models through the use of Think Talk Write can enhance teachers' ability to manage learning in science?; 2) What types of cooperative models through the use of Think Talk Write to improving scientific communication activities graders SDN Feather IV Lor?; 3) How the results of fourth grade students learn science SDN fur Lor using a model of cooperative type of Think Talk Write? Solving the problem: 1) form a group whose members are 3-5 students. 2) The teacher gives information to indicate concrete objects. 3) The teacher divides the text reading of worksheets that contain the situation and issue guidance problems. 4) Students read BLM (think) and study and make note of the readings on an individual basis. 5) Students observe the objects indicated by the teacher and relate. 6) Students read to each other cooperate, observe, and come up with ideas for discussion. 7) Students construct knowledge as a result of a collaboration to forms of writing. 8) Present the results of group discussions. 9) The teacher made a conclusion together. 10) cover. The general objective of this research is to improve students' scientific communication through the cooperative model of Think Talk Write Type IV grade students of SDN fur Lor Semarang. Specific objectives of this research is to improve: 1) The ability of teachers to manage learning in science with a cooperative model of the type of Think Talk Write, 2) the activity of scientific communication Elementary School fourth-grade students in learning science fur Lor cooperative model type Think Talk Write, 3) results Elementary School fourth grade student in a fur Lor IPA with a model of cooperative learning type of Think Talk Write. This type of study is classroom action research using a model of cooperative type of Think Talk Write conducted several cycles, each cycle consisting of four stages, namely planning, implementation of the action, observation, and reflection. Subjects were fourth grade teachers and fourth grade students with the number 33 which consists of 17 boys, 16 girls SDN fur Lor Semarang. Data collection techniques using tests, observation and documentation. The results obtained are: 1) In the I cycle an average gain score of 3.16 with the ability of teachers is a good category, the second cycle the average gain score of the ability of teachers increased to 3.8 with very good category, 2) student activities in cycle I gained a total score of 2.54 with either category, and the second cycle of acquisition score increased to 3.3 with very good category, 3) On the cycle I learn some vital lessons classical completeness result reached 72.7% (24 out of 33 students who completed KKM achieve ? 63) with the average grade is 73.3 and the second cycle learning outcomes classical completeness increased to 87.9% (29 of 33 students) with a grade average is 81.4. Based on the results of the study concluded that cooperative learning science through models of the type of Think Talk Write to increase, the ability of teachers, students of communication activities, and fourth grade students' Fur SDN Lor Semarang. Advice for teachers is to model the type of cooperative Think Talk Write can be used as an alternative to improve scientific communication science learning.