PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SDN KEDUNGJARAN PEKALONGAN
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Berdasarkan data awal yang diperoleh di SD N Kedungjaran Pekalongan, pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru yaitu hanya menggunakan ceramah tanpa menggunakan media atau alat peraga sehingga siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan siswa kurang memperhatikan dan kurang memahami penjelasan guru. Sehingga motivasi siswa rendah dan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan data tersebut, perlu diterapkan model pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan materi yang akan diajarkan dalam kegiatan belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis aksara Jawa? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, keterampilan siswa dan hasil belajar siswa dalam menulis aksara Jawa melalui pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N Kedungjaran Pekalongan. Variabel / faktor yang diteliti pada penelitian ini adalah aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay. Jenis data dalam penelitian adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh nilai rata-rata hasil observasi aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus II. Pada siklus I aktivitas guru mendapat jumlah skor rata-rata 2,7 dengan kategori baik, siklus II jumlah skor rata-rata 3,9 dengan kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada silkus I dengan jumlah skor rata-rata 15,6 dengan kategori cukup. Siklus II jumlah skor 24,5 dengan kategori sangat baik. Hasil observasi pemahaman siswa terhadap materi pada siklus I jumlah skor rata-rata 12,3 dengan kategori baik, siklus II jumlah skor 19,4 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata kelas 62,2, meningkat dengan rata-rata kelas 65,6. Siklus II rata-rata kelas 79,7, meningkat dengan rata-rata kelas 85. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, pemahaman siswa terhadap materi dan hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas IV SDN Kedungjaran Pekalongan.
Abstract
___________________________________________________________________
Based on preliminary data obtained in SD N Kedungjaran Pekalongan, implementation is still teacher-centered learning that is just using the lecture without the use of media or visual aids so that students are less active role in learning. This resulted in the students' attention and less urang k m emahami teacher's explanations. So that low student motivation and student learning outcomes is low. Based on these data, learning models need to be applied to the right to convey the material to be taught in the teaching and learning activities. Formulation of the problem in this study were Is the use of cooperative learning model of type Course Review Horay can increase the activity of teachers activity of students and can improve students' writing skills in Java script? This study aims to (1) describe an increase in teachers' skills in writing through cooperative learning Javanese type Horay Review Course. (2) describe the increase in students' writing skills through cooperative learning Javanese type Horay Review Course. (3) Describe student learning outcomes in Java script writing through Cooperative Learning Course Review Horay type. Research subjects are teachers and fourth grade students N Kedungjaran Pekalongan. Variables / factors examined in this study is the activity of the teacher, student activities, student understanding, and learning outcomes of students in learning the Java language using the cooperative learning model types Course Review Horay. Types of data in the study is qualitative data and quantitative data. The results obtained showed that the average value of the observation of the activities of teachers has increased from cycle I to cycle II. On the cycle I got a number of teachers aktivi bags an average score of 2.7 with either category, s iklus II total score average of 3.9 with very good category. Observations on the student activity premises silkus I n the average score of 15 , 6 with enough categories. Cycle II total score of 24, 5 with very good category. Observations on students' understanding of the material I cycle the average score of 12.3 in both categories, the second cycle with a total score of 19.4 is very good category. Student learning outcomes at the I cycle an average grade 62.2, increased by an average of 65.6 classes. Cycle II 79.7 grade average, increased by an average of 85 classes. Based on these results, it can be concluded that by using cooperative learning model types Course Review Horay can increase the activity of the teacher, student activities, students' understanding of the material and student learning outcomes of Java language classes I V