HUBUNGAN MINAT SISWA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hubungan minat siswa dan lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar IPS. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Imam Bonjol Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Sampel penelitian berjumlah 129 siswa diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan analisis data deskriptif, korelasi product moment, dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat siswa terhadap hasil belajar IPS dengan nilai rhitung sebesar 0,627 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar IPS dengan nilai rhitung sebesar 0,643 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat siswa dan lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar IPS dengan nilai Rhitung sebesar 0,747, dan Fhitung sebesar 79,679.
This study aimed to describe the relationship between students’ interest and society environment on IPS learning result. The subjects of this study were all the fifth grade students of Elementary Schools (SD) in Imam Bonjol Cluster, Kudus regency. The samples of the study, namely 129 students were chosen using saturated sample technique. Data collection technique sused were interview, questionnaire, and documentation. Meanwhile, the data were processed through descriptive data analysis, product-moment correlation and multiple correlation. The results showed that there was a positive and significant correlation between students’ interest on IPS learning result with rcount value of 0.627 and significance value of 0.00 <0.05, there was a positive and significant relationship between society environment on the IPS learning result with rcount value of 0,643 and significance value of 0,00 <0,05, and there was a positive and significant correlation between students’ interest and society environment on the IPS learning result with Rcount value of 0,747, and Fcount of 79,679.