Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran, mengetahui kelayakan model, dan mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model Mind Mapping berbantuan gambar untuk meningkatkan hasil belajar menulis paragraf di kelas III SDN Karanganyar 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan dengan sepuluh tahap pelaksanaan mengacu pada teori Borg dan Gall. Penentuan tingkat kelayakan model pembelajaran berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba kelompok kecil kemudian diterapkan pada uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas dan uji homogenitas, serta analisis data akhir dengan uji beda dua rata-rata dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 87,5% dengan kriteria sangat layak. Persentase yang didapat dari ahli model adalah 92,31% dengan kriteria sangat layak. Persentase yang didapat dari ahli praktisi adalah 90% dengan kriteria sangat layak. Angket tanggapan siswa dan guru mendapatkan kriteria sangat baik. Uji N-gain kelompok kecil diperoleh hasil 0,584 dengan kriteria sedang, sementara pada uji kelompok besar diperoleh N-gain sebesar 0,723 dengan kriteria tinggi. Simpulan penelitian ini yaitu model Mind Mapping berbantuan gambar efektif untuk meningkatkan hasil belajar menulis paragraf.


This Research have purpose to develop learning model, to know the advisability learning model, and to know the difference of paragraph writing result before and after implementing mind mapping model helped by picture to increase  paragraph writing learning outcomes at 3rd class primary school Karanganyar 01 Semarang. The kind of this research is Research and development. This research use development research approximation with ten steps implementation, based on Borg and Gall theory. The appointment of learning model advisability lavel is based on experts validity test and small scale trial test, than that are implemented on big scale. The techniques of data collecting are test, observation, questionnair, and documentation. The techniques of data analysis, including product data analysis, initial data analysis with normality and homogeneity test, and analysis of final data with two average differences test and N-gain. The results showed that the percentage was gained from material experts amounted to 87,5 % with very reasonable criteria. The percentage was gained from model and media experts is 92,31 % with very reasonable criteria. The percentage was gained from practitioners experts is 90% with very reasonable criteria. Questionnaire responses of students and teachers get very good criteria. N-gain small group test result showed 0,584 with reasonable criteria, for awhile at the N-gain big group test result showed 0,723 with high criteria. The conclusion of this research was the model of Mind Mapping helped by picture is effective to increase the paragraph writing outcomes.


_____________________