Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan lingkungan sekolah dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Dwija Krida Kecamatan Mijen Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasi. Teknik sampel yang digunakan yaitu proportional random samplingsebanyak 144 siswa. Teknik pengunpulan data dalam penelitian ini menggunakanangket untuk variabel lingkungan sekolah dan fasilitas belajar, serta dokumentasi untuk variabel hasil belajar IPS. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji signifikansi dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan lingkungan sekolah dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,641 yang termasuk kategori kuat dan berkontribusi sebesar 41,1%. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,614 yang termasuk kategori kuat dan berkontribusi sebesar37,7%. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelaso sebesar 0,721 dan berkontribusi sebesar 52%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Dwija Krida Kecamatan Mijen Semarang.


The purpose of this research was to examine the correlation between school environment and learning facilities toward social studies learning outcomes of 5th grade students in Cluster Dwija Krida Elementary School Mijen Semarang. This research used quantitative approach and correlation research. The numbers of sampels were 144 students taken by proportional random sampling technique. Methods in this study used a questionnaire for school environment variables and learning facilities, as well as documentation for social studies learning result variables. Data analysis used descriptive statistics and correlation analysis. The results showed that: (1) there was a positive and significant correlation between school environment and social studies learning outcomes of 0.641 which included in strong category and contribution of 41.1%. (2) there was a positive and significant correlation between learning facilities with social studies learning outcomes of 0.614 which included in strong category and contribution of 37.7%. (3) there was a positive and significant correlation between school environment and learning facility with social studies learning outcomes of 0.721which included in strong category and contribution of 52%. Based on the research results, it could be concluded that there was a positive and significant correlation between the school environment and learning facilities toward social studies learning outcomes of 5th grade students in Cluster Dwija Krida Elementary School Mijen Semarang.