Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam  pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas mela-lui Model think-pair-share dengan permainan undian angka. Penelitian ini menggunakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran think-pair-share dengan permain-an undian angka dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor 12,3 dalam kategori baik, siklus II dengan skor 13,6 dalam kategori baik, dan siklus III dengan skor 15,6 dalam kategori baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I dengan persentase 73,7% (28 dari 38 siswa mencapai KKM), siklus II dengan persentase 78,9% (30 dari 38 siswa mencapai KKM), dan siklus III dengan persentase 84,2% (32 dari 38 siswa mencapai KKM). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model think-pair-share dengan permainan undian angka dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Saran dari peneliti adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran think-pair-share dengan permainan undian angka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

The research objective of  this class action is to increase student activity and student learning outcomes in learning. This type of  research is through a class action research model think-pair-share with lottery numbers game. The study used three cycles. Each cycle consists of  four phases, namely planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques using tests, observation, documentation and field notes. The results suggest a model of  learning think-pair-share with lottery numbers games can improve the quality of  teaching social studies. Student activity in the cycle I gained 12.3 score in either category, the second cycle with a score of  13.6 in both categories, and the cycle III with a score of  15.6 in both categories. Classical completeness of  student learning outcomes I cycle with the percentage of  73.7% (28 of  38 students achieved KKM), the second cycle with the percentage of  78.9% (30 of  38 students achieved KKM), and the third cycle with the percentage of  84.2% (32 of  38 students achieved KKM). The conclusion of  this study is through a model of  think-pair-share with the lottery game numbers may increase the activity of  students and student learning out-comes in social studies. Advice from researcher was the teacher can use the model of  learning think-pair-share with lottery numbers game to improve the quality of  learning.